SOLOPOS.COM - Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo, saat diwawancarai wartawan di Gedung DPRD Solo, Jumat (20/5/2022) siang. (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Ketua DPC PDIP Solo yang juga mantan Wali Kota Solo dua periode, FX Hadi Rudyatmo alias Rudy, kembali menepis kabar yang menyebutkan dirinya bakal masuk ke jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju seiring isu reshuffle yang berembus.

Rudy menyebut kabar tersebut hanyalah hoaks atau tidak benar. “Aduh, aduh, aduh, sing ngisuke sapa maneh. Niki kula lagi mulih saking Cibubur bareng Satgas pakai bus. Niku hoaks niku,” ujarnya kepada Solopos.com, Rabu (11/1/2023).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Rudy sebelumnya menghadiri acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-50 PDIP di Jakarta, Selasa (10/1/2023). Rudy bertanya balik dari mana sumber informasi yang menyebutkan dirinya akan masuk ke Kabinet Indonesia Maju.

“Lah ya nek sumbere ora jelas, ya hoaks ngono wae ta yoh. Hoaks niku, tidak benar,” imbuh politikus kawakan Kota Solo itu. Berdasarkan catatan Solopos.com, kabar Rudy akan menjadi menteri bukan kali ini saja berembus.

Kabar itu juga muncul ketika pada Desember 2022 saat dia bertemu empat mata dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta.
Terlebih hubungan Rudy dengan Jokowi terbilang dekat.

Perjalanan politik Jokowi tidak bisa dilepaskan dari sosok Rudy. Jokowi-Rudy sempat berpasangan menjadi Wali Kota dan Wawali Solo pada 2005-2012. Dengan modal itu, nama Rudy kerap disebut berpotensi masuk ke jajaran Kabinet Indonesia Maju seiring santernya isu reshuffle kabinet beberapa waktu terakhir.

Apalagi Rudy sudah berpengalaman sebagai Wali Kota Solo dua periode. Pengalaman Rudy di PDIP pun sudah sangat matang karena puluhan tahun menjadi kader.

Nama dia juga sering disebut Megawati Soekarnoputri dalam berbagai kesempatan, termasuk saat berpidato di acara peringatan HUT ke-50 PDIP. Awak media Solo sempat mewawancarai Rudy seusai pertemuan dengan Jokowi akhir Desember 2022 lalu.

Saat itu Rudy pun menepis kabar yang menyebutkan pertemuannya dengan Jokowi terkait agenda reshuffle kabinet Indonesia Maju di mana dirinya menjadi salah satu menteri.

“Enggak, enggak ada [pembicaraan reshuffle kabinet]. Makanya saya sekarang kalau ke sana [Istana Negara] aku emoh difoto ngono wae saiki,” ungkap dia. Rudy juga menegaskan pertemuan itu tak membahas politik atau parpol.

“Kalau beliau mau seperti itu pasti saya dikasih tahu. Ini enggak, enggak ada menteri, enggak ada, pembicaraan reshuffle enggak ada, pembicaraan politik enggak ada, pembicaran partai enggak ada. Ya ngakak-ngakak biasa,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya