SOLOPOS.COM - Asrama Haji Donohudan di Ngemplak Boyolali. (Solopos-Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, SOLO — Seorang anggota jemaah haji asal Jepara yang tiba di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, pada Sabtu (16/7/2022), terkonfirmasi positif Covid-19. Haji tersebut terdeteksi positif Covid-19 setelah melewati tes swab secara acak.

Saat ini, haji asal Jepara yang berangkat dengan kloter 3 tersebut masih menjalani karantina mandiri didampingi tim kesehatan dari daerah asal. Koordinator Humas PPIH Embarkasi Solo, Sarip Sahrul Samsudin, kepada wartawan, Kamis, (21/7/2022), mengatakan haji yang positif tertular virus corona diketahui berdasarkan tes swab acak.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kini statusnya mendapatkan perawatan dari tim kesehatan daerah dan melakukan karantina mandiri. “Jadi benar, ada satu [anggota] jemaah dari Kloter 3 yang terjangkit Covid-19. Hasil swab antigennya reaktif, lalu dilakukan PCR dan dinyatakan positif tanpa gejala. Sekarang sedang melakukan karantina mandiri dengan tim kesehatan dari daerah,” ungkapnya.

Hingga hari ini, sudah sembilan kloter haji Embarkasi Solo yang telah tiba kembali di Asrama Haji Donohudan Boyolali. Dengan adanya haji yang postif Covid-19, kini, tes swab tidak lagi dilakukan acak, tetapi dilakukan secara keseluruhan jemaah.

Namun, PPIH Embarkasi Solo sedang mencari cara paling efektif mengingat para jemaah haji sudah melakukan perjalanan jauh yang menguras tenaga.

Baca Juga: 5 Calon Haji Asal Indonesia Meninggal di Tanah Suci, Ada yang dari Solo

“Jika nantinya ditemukan adanya jemaah yang positif, nanti kami akan koordinasikan dengan tim kesehatan dari daerah asal jemaah untuk dilakukan karantina mandiri dengan pengawasan,” ulasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya