SOLOPOS.COM - Koin kuno berlogo VOC ditemukan di liang salah satu kuburan yang dipindahkan karena terdampak tol Solo-Jogja di Desa Brangkal, Karanganom, Klaten, beberapa waktu lalu. (Istimewa)

Solopos.com, KLATEN — Puluhan keping koin berlogo VOC (Vereenigde Oost-Indische Compagnie atau perusahaan Hindia Timur Belanda) ditemukan di salah satu liang kubur saat pemindahan makam terdampak proyek tol Solo-Jogja di Desa Brangkal, Karanganom, Klaten, beberapa waktu lalu.

Ketua rombongan Tim Al Iswat, Dwi Joko Yudho, mengatakan koin saat ini masih disimpan oleh mandor pemindahan makam dan segera diserahkan ke panitia pemindahan makam di Desa Brangkal. Tim Al Iswat merupakan tim yang membantu proses pemindahan makam di beberapa wilayah di Jawa termasuk di Desa Brangkal.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Joko menjelaskan koin ditemukan di salah satu liang kubur ketika dilakukan pembongkaran pada hari ketiga. Koin itu terbungkus kain dan jumlahnya sekitar 20 keping.

Koin berlogo VOC dengan beberapa bertuliskan angka 1790 ditemukan dalam kondisi relatif masih bagus dan terbaca. Koin akan diserahkan ke panitia pemindahan makam di desa itu.

“Kalau menemukan uang itu sering. Kalau orang Jawa kuno mungkin itu sebagai sawuran. Mungkin sebagai penghormatan. Tetapi kalau makam-makam sekarang tidak ada,” jelas Joko saat ditemui Solopos.com di sela pemindahan makam di Desa Ngabeyan, Karanganom, Klaten, Selasa (21/11/2023).

Joko mengatakan dengan penemuan koin berlogo VOC itu bisa menjadi indikasi bahwa makam di Desa Brangkal, Klaten, yang dipindahkan merupakan makam kuno. Bisa jadi umur makam sudah mencapai 300 tahun.

Sebelumnya, ratusan makam di Desa Brangkal dipindahkan karena terdampak pembangunan tol Solo-Jogja. Sebelum pemindahan itu, ahli waris makam yang terdata mendapatkan uang ganti kerugian untuk pemindahan dari tim pengadaan lahan untuk tol.

Proses relokasi makam dilakukan sejak Minggu (29/10/2023) dan selesai pada Jumat (3/11/2023). Setelah dipindahkan, kuburan di makam baru dirapikan dan diberi nisan. Jumlah total jasad yang dipindahkan sebanyak 288 jasad. Sementara jumlah kubur yang terdata dipindahkan ada 272 kubur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya