SOLOPOS.COM - Sejumlah sukarelawan memotong pohon tumbang di kompleks RSJD Solo (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Hujan deras dan angin kencang yang melanda Kota Solo, Minggu (8/5/2022) sore mengakibatkan delapan pohon tumbang di kawasan kompleks Asrama Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) dan kompleks Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Solo, Ngoresan. Kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 15.00 WIB.

Anggota SAR Rajawali Merah Putih, Amung Palimirma, mengatakan proses evakuasi dan pembersihan pohon tumbang di Asrama UNS masih berlangsung hingga Senin (9/5/2022) siang. “Iya hari ini dilanjutkan pembersihan dan pemotongan pohon yang malam tadi tidak sempat terevakuasi,” kata dia, Senin.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Proses evakuasi dimulai sejak Minggu (8/5/2022) sore hingga pukul 22.00 WIB. Evakuasi kemudian dilanjutkan keesokan harinya.

Dari laporan SAR Rajawali Merah Putih, setidaknya ada delapan pohon tumbang di kawasan Asrama UNS. Dari kejadian tersebut, pohon tumbang menimpak sekitar empat rumah warga serta instalasi listrik PLN.

Baca Juga: Angin Kencang Landa Sragen, 5 Pohon Tumbang dan 3 Rumah Rusak

Berdasar pantauan Solopos.com, petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Solo masih membersihkan sisa dahan dan ranting dari pohon tumbang yang masih menutup jalan di kawasan Asrama UNS. Sementara empat rumah terdampak hingga Senin (9/5/2022) belum selesai dibersihkan. Pohon tumbang akibat hujan deras dan angin kencang juga terjadi di kompleks RSJD Solo, Jebres.

Amung mengatakan, pemotongan pohon tumbang dilakukan oleh tim gabungan. Mereka berasal dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solo, SAR Rajawali Merah Putih dan Tagana. Jumlah pohon tumbang di RSJD tercatat sekitar 20 pohon.

“Pemotongan di dalam area RSJD. Cukup banyak hampir 20 pohon tumbang,” imbuh Amung.

Baca Juga: Ekstrem! Solo Banjir dan Pohon Tumbang di Mana-Mana

Sementara itu, kata Amung, satu pohon tumbang menimpa bagian kanopi bangsal yang sangat membahayakan bagi pasien ataupun pengunjung rumah sakit. “Ada salah satu pohon tumbang mengenai salah satu kanopi bangsal,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya