SOLOPOS.COM - Puncak peringatan ke-39 Hari Anak Nasional digelar di Pendapa Pemkab Klaten, Selasa (25/7/2023). (Istimewa/Diskominfo Klaten)

Solopos.com, KLATEN — Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya, mengajak berbagai pihak untuk berperan aktif melindungi anak-anak sebagai generasi Indonesia yang akan datang.

Hal itu disampaikan Yoga pada puncak peringatan ke-39 Hari Anak Nasional di Pendapa Pemkab Klaten, Selasa (25/7/2023). Peringatan Hari Anak Nasional tahun ini mengusung tema Anak Terlindungi Indonesia Maju.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Tema ini menjadi inspirasi untuk berperan aktif bersama segenap bangsa, menciptakan berbagai program dan inovasi yang terkait dengan pentingnya peran perlindungan anak sehingga anak Indonesia yang hebat dan berbahagia,” kata Yoga berdasarkan keterangan tertulis dari Diskominfo Klaten.

Tahun ini, Klaten menerima penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) dengan kategori Nindya atau naik dari kategori Madya di tahun 2022. Yoga mengatakan capaian yang didapatkan Kabupaten Klaten harus menjadi pemacu semua pihak untuk mendukung terwujudnya Klaten sebagai kabupaten layak anak seutuhnya.

“Upaya perlindungan anak menjadi prioritas penting di kabupaten Klaten sejak dicanangkan program Klaten Layak Anak pada tanggal 8 Juli pada tahun 2010,” ungkapnya.

Yoga turut menyampaikan apresiasinya kepada desa dan kecamatan yang telah berperan aktif dalam program Kecamatan Layak Anak (Kelana). Diharapkan melalui program tersebut, pemahaman masyarakat dalam pemenuhan hak anak semakin meningkat.

“Melalui program ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan memiliki persepsi yang sama secara terkoordinasi, terencana, serta berkesinambungan dalam mewujudkan Kabupaten Klaten layak anak dan Indonesia layak anak pada tahun 2030,” katanya.

Puncak peringatan Hari Anak Nasional di Pendapa Pemkab Klaten diinisiasi Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DissosP3APPKB) Klaten.

Rangkaian kegiatan dibuka dengan flashmob anak-anak usia TK hingga SMA/SMK diiringi lagu Raih Mimpi, lagu tema Hari Anak Nasional. Flashmob digelar di halaman Pendapa Pemkab Klaten. Puncak peringatan Hari Anak Nasional ditandai dengan pelepasan balon merah-putih oleh Wakil Bupati Klaten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya