SOLOPOS.COM - Siti Maesyaroch (Dok.SOLOPOS)

Siti Maesyaroch (Dok.SOLOPOS)

Karanganyar (Solopos.com)–Sebanyak 20 petani cabai di Desa Puntukrejo, Kecamatan Ngargoyoso, mulai menanam cabai merah atas kerjasama dengan pihak swasta, Sabtu (24/9/2011).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Desa tersebut dijadikan percontohan bagi daerah lain, khusus untuk tanaman cabai merah. Ada lebih kurang 300 meter persegi lahan di desa itu yang dijadikan sebagai demonstration plot (Demplot).

Kepala Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan (Distanbunhut) Karanganyar, Siti Maesyaroch mengatakan, ke depan ada sekitar 5,65 hektar lahan yang disiapkan untuk menanam cabai merah.

“Lahan yang disiapkan bukan hanya di Ngargoyoso, tapi juga di Kecamatan Tawangmangu dan Karangpandan,” ujar Siti saat penanaman perdana, Sabtu siang.

Secara umum, pihaknya menyambut baik kerjasama antara petani dengan PT Mitra Kreasidharma (MKD) dan PT Sarana Tani Indonesia Makmur (STIM) dalam pengembangan program pemberdayaan petani.

Sementara itu, Direktur MKD Group, Mardiyono Supriyadi mengatakan, pola kemitraan yang dikembangkan yakni member get member (MGM) atau petani mengajak petani lain untuk bergabung menjadi satu kelompok usaha tani. Awalnya, kata dia, perusahaan memilih 10 petani pelopor untuk menjadi petani MGM.

(fas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya