SOLOPOS.COM - Pemkab Karanganyar membuka pendaftaran Karanganyar Menginspirasi 2024. (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR – Bagi Anda yang tertarik menjadi inspirator generasi muda, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar mengajak Anda bergabung dalam acara Karanganyar Menginspirasi 2024. Pendaftaran dibuka hingga 20 April 2024.

Seperti dikutip dari akun Instagram @kabupatenkaranganyar dan @diskominfo_karanganyar, Karanganyar Menginspirasi 2024 adalah event pertama lanjutan dari Gerakan Karanganyar Bertakwa yang diselenggarakan Pemkab Karanganyar.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Gerakan Karanganyar Bertakwa sendiri bertujuan untuk memberikan landasan moral kepada masyarakat agar selalu dekat dengan Tuhan sesuai dengan keyakinan masing-masing.

Pj. Bupati Karanganyar, Timotius Suryadi, dalam Sosialisasi Program Karanganyar Menginspirasi yang disiarkan melalui kanal Youtube Kabupaten Karanganyar menjelaskan bahwa gerakan ini melibatkan inspirator sukarela dan guru-guru.

Guru dapat memberikan inspirasi ke sekolah-sekolah lain atau bisa disebut sebagai pertukaran mengajar. Jadi bukan memberikan pelajaran, melainkan memberikan tantangan di luar pelajaran sekolah agar anak-anak merasa terpicu.

“Bermula dari keinginan kami untuk memunculkan talenta hebat yang saat ini masih terpendam, supaya ia berani bermimpi dan mewujudkannya. Oleh karena itu kita mengadakan Karanganyar Menginspirasi. Kegiatan ini bersifat voluntary, tidak ada honor, uang perjalanan dinas, dan imbalan dalam bentuk apa pun. Yang bisa kita berikan adalah doa agar para inspirator dan bapak, ibu guru agar mendapatkan balasan dari Tuhan,” ujar Timotius.

Menurutnya, inspirator yang berpartisipasi tidak harus orang yang sangat sukses, yang wah menurut gambaran duniawi. Namun, orang sukses yaitu orang yang merasa dirinya perlu untuk berbagi dan merasa ada di dalam dirinya ada yang dibagi.

“Contohnya anak yang dari keluarga tidak mampu, jangankan untuk kuliah, untuk meneruskan ke SMA saja ia takut tidak punya biaya. Saya yakin banyak inspirator yang punya pengalaman semacam itu yang bisa dibagikan ke anak-anak kita untuk berani bermimpi,” sambungnya.

Launching Karanganyar Menginspirasi 2024 akan dilakukan bersamaan dengan Expo Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Fair yang akan dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Karanganyar bertempat di Gedung Kebudayaan Kabupaten Karanganyar.

Bagi Anda yang bersedia menjadi inspirator dan ingin berbagi pengalaman menarik, Anda dapat mendaftarkan diri dengan syarat dan ketentuannya sebagai berikut :

  • Warga Karanganyar atau luar Karanganyar
  • Mengisi formulir pendaftaran
  • Menjunjung kebhinekaan, tidak melanggar SARA, politik praktis, dan moral etika
  • Materi seputar motivasi, sharing pengalaman, success story, pendidikan karakter, cita-cita, dan materi inspiratif lainnya
  • Materi tidak mengandung konten promosi

Timeline :

  • Pendaftaran : 6-20 April 2024
  • Mengajar daring/luring : 22 April-31 Mei 2024
  • Launching Karanganyar Menginspirasi : 2 Mei 2024

Di Karanganyar Menginspirasi 2024, Anda akan berkesempatan menginspirasi, menularkan pengalaman, ide-ide cemerlang, dan gagasan positif kepada para generasi muda. Selain itu juga mendapatkan fasilitas E-certificate sebagai Inspirator Karanganyar 2024.

Inspirasi-inspirasi yang Anda berikan tersebut sangat tinggi nilainya dan akan mempengaruhi kemajuan generasi bangsa di masa mendatang.

Bagi Anda yang memiliki kegiatan lain tenang saja, sebab proses mengajar dapat dilakukan secara daring atau luring dengan sasaran siswa PAUD, SD, SMP, SMA Sederajat di Kabupaten Karanganyar. Jadwal akan diatur bersama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Karanganyar.

Pendaftaran dapat dilakukan di sini. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi 085100885904 (Hasto) atau 082243574510 (Danang).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya