SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok. SOLOPOS)

Ilustrasi (Dok. SOLOPOS)

Wonogiri (Solopos.com)–Petani-peternak di empat kecamatan, Kabupaten Wonogiri, yang memiliki sapi betina bunting dengan usia kehamilan minimal lima bulan pada tahun ini bakal menerima insentif dari pemerintah pusat senilai Rp 500.000/ekor.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Empat kecamatan dimaksud adalah Wonogiri, Ngadirojo, Nguntoronadi dan Eromoko.

Kabid Peternakan Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan (Disnakperla) Wonogiri, Gatot Siswoyo, kepada wartawan, Selasa (4/7/2011), mengungkapkan pemberian insentif tersebut merupakan program pemerintah pusat untuk mendorong percepatan swasembada daging sapi yang ditarget terwujud tahun 2014 mendatang.

Wonogiri, kata Gatot, mendapat alokasi bantuan untuk empat kecamatan, masing-masing dijatah insentif untuk 320 ekor sapi. Dengan demikian, totalnya ada 1.280 ekor.

“Penentuan empat kecamatan itu bukan semata-mata didasarkan pada banyaknya populasi sapi melainkan karena di wilayah itu sudah ada kelompok-kelompok ternak mandiri yang menaungi beberapa subkelompok peternak,” jelas Gatot.

Mengenai kapan insentif itu akan diberikan, Gatot mengatakan paling lambat sekitar Agustus 2011. Rencananya, program itu baru akan disosialisasikan kepada para peternak dan kelompok peternak, Kamis (7/7/2011).

(shs)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya