SOLOPOS.COM - Kepala SMKN Jatipuro, Karanganyar, Sri Eka Lelana, menyerahkan hadiah kepada pemenang Lomba 5S, Rabu (9/3/2022). (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR — SMK Negeri (SMKN) Jatipuro, Karanganyar mengadakan lomba 5S (Seiri/ringkas, Seiton/rapi, Seiso/resik, Seiketsu/rawat), dan Shitsuke/rajin). Lomba yang jadi bagian dari program Pintar Bersama Daihatsu ini merupakan upaya penguatan dan peningkatan pelaksanaan budaya industri di sekolah.

Lomba diadakan selama Februari hingga awal Maret 2022 ini. Bentuk lombanya berupa penataan ruang/kerapian, kelengkapan, serta kebersihan kelas. Siswa juga boleh mewarnai dinding kelas dengan cat atau wallpaper.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kepala SMKN Jatipuro, Sri Eka Lelana, Rabu (9/3/2022) mengatakan peserta lomba ini adalah siswa Kelas X dan Kelas XI secara klasikal.

Baca Juga: Siswa SMK Bhakti Karya Karanganyar Juarai Lomba Asisten Keperawatan

“Kegiatan dimulai dengan labeling dan marking alat yang ada di dalam kelas, termasuk meja dan kursi siswa dan guru. Kemudian siswa melengkapi perlengkapan yang ada di kelasnya masing-masing secara mandiri,” ujarnya.

Kelengkapan tersebut antara lain alat kebersihan, gambar, dan tulisan sesuai ketentuan minimal. Selanjutnya, siswa menghias kelas dengan memberikan warna pada meja masing-masing sesuai jurusan.

Sementara itu, penilaian dilakukan oleh tim audit internal 5S di sekolah pada 3 Maret lalu. “Hasil lomba diumumkan pada hari Senin 7 Maret 2022 pada saat apel pagi di lapangan sekolah,“ imbuhnya.

Baca Juga: SMKN 1 Karanganyar Punya Business Center, Wadah Siswa Berwirausaha

Sementara itu, hadiah yang disediakan berupa tujuh kipas angin besar bagi tujuh kelas terbaik. Sedangkan untuk juara I hingga juara III ditambahkan sertifikat dan uang pembinaan senilai Rp700.000 untuk juara I, Rp.500.000 untuk juara II, dan Rp300.000 untuk juara III.

“Kami berharap warga sekolah, khususnya siswa dapat meningkatkan pemahaman budaya industri 5S. Dapat meningkatkan kepedulian siswa terhadap lingkungan sekolah. Dan menambahkan suasana nyaman dan indah di sekolah. Semoga lomba ini bisa rutin,” harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya