SOLOPOS.COM - Ketua Umum Tingalan Jumenengan Dalem Ingkang Jumeneng K.G.P.A.A Mangkunagoro X yang pertama, Gusti Raden Ajeng Ancillasura (tengah) memberikan keterangan pers Tingalan Jumenengan Dalem Ingkang Jumeneng K.G.P.A.A Mangkunagoro X yang pertama di Pura Mangkunegaran, Solo, Rabu (27/2/2023). (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO–Pura Mangkunegaran mengadakan kirab pada Tingalan Jumenengan Dalem Ingkang Jumeneng K.G.P.A.A Mangkunagoro X yang pertama, Rabu (1/3/2023). Kirab pernah dilakukan pada era Mangkunagoro VII.

Ketua Umum Tingalan Jumenengan Dalem Ingkang Jumeneng K.G.P.A.A Mangkunagoro X yang pertama, Gusti Raden Ajeng Ancillasura Marina Sudjiwo menjelaskan hal yang berbeda pada tradisi tingalan jumenengan tahun ini dari tahun sebelumnya adanya kirab.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Kirab sebagai bentuk apresiasi masyarakat dari Pura Mangkunegaran. Kami juga mencoba untuk melakukan seperti yang ada di arsip-arsip zaman dulu. Era Mangkunagoro VII ada kirab,” kata dia kepada wartawan di Pura Mangkunegaran, Senin (27/2/2023).

Gusti Sura, sapaannya, menjelaskan peserta kirab ada 160 bregada, 30 korps musik Pura Mangkunegaran, 30 korps musik komando daerah militer. 

Mereka akan melakukan kirab pukul 12.30 WIB dari Pura Mangkunegaran melalui pintu selatan, memutari Pura Mangkunegaran sesuai arah jarum jam, yakni Jl Ronggowarsito, Jl Kartini, Jl R.M Said, Jl Teuku Umar, Jl Ronggowarsito, Jl Kartini, Jl Slamet Riyadi, Jl Diponegoro, Pura Mangkunegaran.

Menurut dia, kirab pada peringatan kenaikan tahta ke-25 Mangkunagoro VII memakai rute yang sama. Gusti Sura belum memastikan apakah Mangkunagoro X ikut kirab atau tidak.

Gusti Sura mengatakan kirab menjadi salah satu upaya melestarikan budaya khususnya di Pura Mangkunegaran.

“Apa yang bisa dikembalikan kami tampilkan supaya generasi penerus memahami adatnya serta menambah sharing ilmu supaya orang tertarik belajar budaya serta melestarikan,” paparnya.

Sura mengatakan Pura Mangkunegaran berfokus pada acara adat pada Tingalan Jumenengan Dalem Ingkang Jumeneng K.G.P.A.A Mangkunagoro X yang pertama, antara lain wilujengan secara internal dan tarian Bedhaya Anglir Mendhung dengan iringan gamelan Kyai Kanyut Mesem. 

Sura menjelaskan telah mengirim undangan kepada sejumlah tokoh, termasuk Presiden Jokowi, namun Pura Mangkunegaran masih menunggu konfirmasi kehadiran sejumlah pejabat yang diundang. Jumlah tamu yang bakal hadir diperkirakan sekitar 1.000 orang.

Pengageng Wedhana Satrio Pura Mangkunegaran, K.R.M.T. Lilik Priarso Tirtodiningrat mengatakan Pura Mangkunegaran akan memberikan gelar kepada sekitar 200 orang abdi dalem.

Dia mengatakan abdi dalem yang belum punya gelar akan mendapat gelar. Abdi dalem yang sudah punya gelar akan naik pangkat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya