SOLOPOS.COM - Gerbang depan Pura Puncak Jagad Spiritual, Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri. Foto diambil Kamis (3/3/2022). (Solopos/Luthfi Shobri Marzuqi)

Solopos.com, WONOGIRI—Pura sebagai tempat ibadah umat beragama Hindu telah lama berdiri di perbukitan kawasan Geopark Gunung Sewu, tepatnya di Dusun Mudal, Desa Gebangharjo, Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri. Tempat itu bernama Pura Puncak Jagad Spiritual.

Selain menjadi tempat ibadah umat Hindu, Pura Puncak Jagad Spiritual juga seringkali menjadi destinasi wisata. Letaknya di bukit dan terbuka memungkinkan para pengunjung menikmati pemandangan matahari terbit maupun tenggelam.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Pura Puncak Jagad Spiritual seringkali didatangi umat Hindu dari Bali. Kali terakhir, kegiatan di pura tersebut diadakan pada 2019. Sejak terjadi pandemi Covid-19, tempat itu sepi dari aktivitas.

Baca Juga: Penampakan Terminal Giri Adipura Wonogiri yang Ingin Disulap Jadi Mal

Dalam pantauan Solopos.com, Kamis (3/3/2022), di depan Pura Puncak Jagad Spiritual tumbuh tumbuhan berdiri cukup tinggi hingga hampir menutupi papan tulisan Pura Puncak Jagad Spiritual. Sementara keadaan di sekitar pura sunyi, tak ada aktivitas apa pun.

Selain karena berada di kompleks Museum Kars Indonesia, pura yang terletak di puncak bukit membuat publik jarang mengakses tempat tersebut.

Pada awal pembuatannya, model Pura Puncak Jagad Spiritual sengaja dibangun dengan nuansa seperti pura di Bali. Keberadaan pura yang didirikan di sebelah barat bangunan induk Museum Kars Indonesia dan berada di puncak bukit dipercaya sebagai tempat jagad spiritual.

Baca Juga: Hanya Tampung 5 Bus, Terminal Pracimantoro Wonogiri Butuh Perluasan

Pada bagian dalam pura, terdapat bangunan berupa patmasana atau bangunan utama, gedong atau persemayaman arca, dugul atau pengawal, dan piyasan (penyucian). Selain itu kori agung (pintu gerbang utama) balae gong, balae kulkul atau tempat menaruh kentongan, dan candi bentar (pintu gerbang depan).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya