SOLOPOS.COM - Pengunjung Pusat Kuliner Kota Barat Solo sedang menikmati menu dan suasana malam beratapkan langit, Rabu (27/9/2023) malam. (Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO–Kota Solo dikenal sebagai surganya wisata kuliner. Kota ini mempunyai sejumlah tempat yang layak dikunjungi para wisatawan.

Salah satu pilihan tempat menikmati kuliner Kota Solo yaitu Pusat Kuliner Kota Barat, di selatan Lapangan Kota Barat. Terdapat puluhan warung di tempat ini. Dulunya mereka adalah para bakul di pinggir Jalan dr Muwardi Solo.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Seiring program penataan kawasan, mereka dipusatkan di area itu. Ada banyak pilihan menu kuliner di kawasan ini. Ada tahu Tek khas Lamongan, Jawa Timur (Jatim), soto Betawi, hingga Markobar milik Gibran Rakabuming Raka.

Ada juga menu penggugah selera seperti sambal belut, tengkleng khas Solo, nasi kebuli, dan bebek goreng. Untuk urusan harga, menu di Pusat Kuliner Kota Barat terbilang masih terjangkau di dompet semua kalangan.

Contoh saja satu porsi tahu Tek dengan telur harganya hanya Rp14.000. Bila datang berdua dengan pasangan, yang Rp50.000 masih bisa sisa. Tergantung pilihan menu Kuliner yang akan dinikmati bersama orang terdekat.

Tempat ini juga cocok bagi keluarga yang ingin menghabiskan waktu makan bersama. Sebab selain pilihan duduk di kursi warung, pengunjung Pusat Kuliner Kota Barat bisa lesehan di halaman. Untuk anak-anak ada menu burger.

Atau bila menginginkan menu tradisional ada sop atau soto yang hangat. Selepas makan, pengunjung masih bisa duduk-duduk sambil berbincang banyak hal atau menikmati suasana malam. Alunan musik menjadi pemanis.

“Dari menunya sih lengkap banget. Banyak menu yang bisa dipilih. Tempatnya juga lumayan luas kalah ajak anak-anak. Harga juga masih bersahabat di kantong. Tapi ya tergantung pilihan menunya,” ujar Puji Astuti, seorang pengunjung.

Perempuan berhijab asal Karanganyar itu tak sengaja mampir Pusat Kuliner Kota Barat bersama pasangannya, Rabu (27/9/2024) malam. “Ada Markobar juga milik Mas Gibran di sini. Anak-anak pasti suka Markobar,” sambung dia.

Tuti, panggilan akrabnya, mengusulkan agar menu Pusat Kuliner Kota Barat dijadikan Pusat Kuliner nusantara. Dia melihat embrio itu sudah ada dengan beberapa menu Kuliner dari berbagai daerah. “Tinggal dilengkapi saja,” usul dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya