SOLOPOS.COM - Kepala Puskesmas Kebakkramat I, dr Retno Sawartuti (kiri) dan Programmer Kesehatan Jiwa (kanan) menunjukkan piagam penghargaan dari Kemenkes dalam bidang kesehatan jiwa, Kamis (13/10/2022). (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Puskesmas Kebakkramat I, Kabupaten Karanganyar, meraih juara I Kategori Institusi dalam Mendukung Program Kesehatan Jiwa pada Peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2022. Penghargaan ini diberikan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Penghargaan tersebut diserahkan Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat, Maria Endang Sumiwi, di Bali, Senin (10/10/2022).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Kepala Puskesmas Kebakkramat I, dr Retno Sawartuti, mengatakan penghargaan tersebut diberikan atas program kesehatan jiwa yang saat ini dijalankan di puskesmas tersebut. “Kami tidak menyangka akan mendapat penghargaan ini. Tentu kami sangat senang dan berterima kasih kepada pemerintah dan kepada teman-teman di sini yang sudah menjalankan program kesehatan jiwa terhadap masyarakat,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (13/10/2022).

Ia menjelaskan program terkait kesehatan jiwa yang saat ini dijalankan adalah dengan memberikan pelatihan keterampilan kepada orang yang mengalami gangguan mental atau orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di wilayah kerja puskesmasnya.

Baca Juga: Pemkab Boyolali Serius Tangani ODGJ, bakal Didampingi hingga Bisa Mandiri

Untuk ODGJ laki-laki diberi pelatihan beternak lele serta bercocok tanam. Bagi ODGJ perempuan diberi pelatihan membuat kerajinan tangan.

“Dalam rangka Hari Kesehatan Jiwa Sedunia dari Kemenkes meminta instansi untuk mengirimkan dokumentasi kegiatan masing-masing. Sehingga kami mengirimkan kegiatan pelatihan untuk ODGJ ini dan ternyata menjadi juara,” imbuh Retno didampingi Programmer Kesehatan Jiwa Puskesmas Kebakkramat I, Ismiyati.

Pihaknya berharap penghargaan tersebut menjadi penyemangat bagi semua pegawai untuk membuat inovasi-inovasi lainnya di kemudian hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya