SOLOPOS.COM - Ilustrasi angin puting beliung. (Solopos/Whisnupaksa Kridhangkara)

Solopos.com, WONOGIRI–Bencana  puting beliung terjadi di Lingkungan Seper, Kelurahan Balepanjang, Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri, Rabu (10/8/2022).

Akibatnya satu rumah warga rusak dan satu pohon tumbang menimpa jaringan listrik dan menutupi jalan.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Kapolsek Jatipurno, AKP Hartoyo, mengatakan puting beliung melanda lingkungan Seper, Kelurahan Balepanjang sekira pukul 17.00 WIB, Rabu.

Peristiwa itu muncul setelah terjadi hujan dengan intensitas tinggi di wilayah setempat mulai pukul 15.00 WIB-17.00 WIB. Kejadian itu muncul tidak berlangsung lama.

“Kejadian Itu mengakibatkan satu rumah milik warga, Bapak Sarmin, di Lingkungan Seper, Balepanjang rusak. Genting rumah itu lepas beterbangan. Asbes juga ikut rusak. Sebagian atap rumah warga itu rusak. Kerugian material sekitar Rp3 juta. Dan Alhamdulilah tidak ada korban jiwa,” kata Hartoyo saat dihubungi Solopos.com, Kamis (11/8/2022).

Selain rumah rusak, kejadian puting beliung itu juga menumbangkan satu pohon besar hingga menutupi jalan desa dan menimpa kabel jaringan listrik. Sehingga menyebabkan listrik di wilayah setempat padam.

Hartoyo menjelaskan Kelurahan Balepanjang memang kerap dilanda angin kencang.

Hujan lebat juga kerap terjadi di sana. Letak geografis yang berada di pegunungan dan perbukitan menjadi penyebabnya.

“Oleh karena itu kami mengimbau kepada warga agar menebang atau merapikan ranting dan cabang pohon yang menjulang tinggi. Terlebih kalau pohon itu dekat dengan kabel jaringan listrik. Hal itu untuk mengantisipasi agar ketika terjadi angin puting beliung, tidak sampai membahayakan warga,” kata dia.

Kepala Kelurahan Balepanjang, Mulyono, membenarkan hal tersebut.

Puting beliung sempat melanda di Lingkungan Seper, Rabu sore. Setelah kejadian, warga segera membersihkan pohon tumbang dan puing-puing atas rumah yang terdampak.

“Iya benar ada [kejadian puting beliung] kemarin sore. Sempat ada pemadaman listrik. Pagi ini warga melakukan kerja bakti di rumah Pak Sarmin untuk membantu membenarkan rumah pak samin. Pohon yang tumbang juga diberesekan,” ujar dia kepada Solopos.com, Kamis.

Salah seorang warga Lingkungan Seper, Muhajir, menuturkan puting beliung dengan kekuatan besar seperti itu terbilang jarang terjadi di tempatnya. “Puting beliung yang besar seperti kemarin itu jarang terjadi. Hanya beberapa tahun sekali saja di sini,” kata dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya