SOLOPOS.COM - Kondisi bangunan limasan milik warga Paranggupito, Wonogiri, roboh diterjang puting beliung, Minggu (26/2/2023) dini hari. (Istimewa/Dwi Hartono)

Solopos.com, WONOGIRI – Angin puting beliung melanda wilayah Paranggupito, Wonogiri, mengakibatkan dua rumah di Dusun Grimbal, Desa Paranggupito, rusak dan ambruk, Minggu (26/2/2023).

Tidak ada korban jiwa namun kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah. Kepala Desa Paranggupito, Dwi Hartono, mengatakan puting beliung terjadi di Dusun Grimbal pada Minggu dini hari pukul 03.00 WIB bersamaan dengan hujan.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Satu rumah limasan rusak berat dan roboh. Genting rumah tersebut pecah dan tiang penyangganya patah. Selain itu, satu rumah lain juga rusak namun tidak sampai roboh karena hanya tertimpa pohon di sebagian sisi rumah.

“Yang roboh itu rumah limasan, bukan rumah hunian. Itu digunakan sebagai markas kelompok musik campursari. Peralatan yang ada di dalamnya juga sebagian ikut rusak,” kata Dwi kepada Solopos.com, Minggu sore.

Tidak ada korban jiwa akibat bencana puting beliung di Paranggupito, Wonogiri, tersebut. Pemilik rumah limasan bahkan semula tidak mengetahui rumah tersebut roboh karena dia tidur di rumah yang berada seberang jalan rumah itu.

Menurut Dwi, Desa Paranggupito cukup sering diterjang angin kencang. Namun demikian, sangat jarang sampai merusak rumah-rumah warga. Sebab topografi Desa Paranggupito dikelilingi perbukitan karst.

Biasanya angin kencang hanya mengibarkan pohon tumbang. Bencana alam lain yang kerap terjadi di desa berpenduduk 3.019 jiwa itu adalah banjir. Bahkan, lanjut Dwi, banjir menjadi bencana setiap musim penghujan tiba.

Penyebabnya banyak luweng-luweng tersumbat hingga mengakibatkan air hujan yang seharusnya masuk ke aliran sungai bawah tanah justru tersumbat dan menggenang.

“Pertengahan musim penghujan banyak yang banjir. Karena ya itu, luweng-luwengnya tertutup. Bahkan kadang lubang luwengnya hilang dan harus dicari lagi,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya