SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

POHON TUMBANG--Warga membersihkan pohon yang tumbang dan menimpa teras rumah di Dusun Jagganan, Desa Bangsri, Kecamatan Karangpandan, Karanganyar, Selasa (14/2/2012). (JIBI/SOLOPOS/Indah Septiyaning W)

KARANGANYAR–Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar meminta warga untuk meningkatkan kewaspadaannya terhadap bencana angin puting beliung.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Hal ini lantaran hujan deras disertai angin kencang diperkirakan akan terus terjadi hingga akhir Februari mendatang.

Kepala Pelaksana BPBD Karanganyar, Aji  Pratama  Heru Kristianto kepada Espos, Selasa (14/2/2012), menuturkan angin puting beliung dalam beberapa hari terakhir terus menerjang Karanganyar. Heru meminta warga untuk meningkatkan kewaspadaannya terhadap ancaman bahaya angin tersebut.

”Kami telah melakukan evakuasi dengan membersihkan pohon-pohon yang tumbang di jalan raya. Sehingga akses jalan bisa dibuka,” tuturnya.

Heru juga mengatakan telah melakukan koordinasi dengan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) untuk memetakan pohon di pinggir jalan raya yang berusia tua dan rentan roboh jika diterjang angin kencang.

“Jadi jangan sampai ada pohon tumbang dan menelan korban pengguna jalan,” ujarnya.

Selain itu, Heru menambahkan melakukan koordinasi dengan Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) terkait titik baliho serta reklame rawan roboh.

Pihaknya meminta BPPT untuk mengecek kondisi tiang penyangga baliho maupun reklame yang dipasang apakah masih dalam kondisi baik atau tidak. Menurutnya langkah itu dilakukan guna meminimalisasi jatuhnya korban dalam bencana tersebut.

JIBI/SOLOPOS/Indah Septiyaning W

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya