SOLOPOS.COM - 20 Finalis PPS 2014 berpose di Griya Solopos, Jumat (22/8/2014). (Ardiansyah Indra Kumala/JIBI/Solopos)

Putra putri Solo 2015 mengusung tema Semarak Kreasi Jiwa Muda

Solopos.com, SOLO–Panitia Pemilihan Putra Putri Solo (PPS) 2015 masih membuka peluang pendaftaran bagi yang berminat menjadi duta wisata hingga Rabu (12/8) mendatang. Ajang pemilihan yang mengusung tema Semarak Kreasi Jiwa Muda tersebut menyasar anak muda kreatif Solo.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Kepala Bidang (Kabid) Promosi Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Solo, Budi Sartono, menyampaikan tantangan duta wisata generasi mendatang tidak hanya dituntut piawai menguasi seni dan budaya lokal.

“Sekarang eranya generasi muda kreatif. PPS [Putra Putri Solo] generasi mendatang tidak cuma bisa mempresentasikan seni dan budaya lokal, tapi juga harus kreatif,” jelas Budi saat dihubungi Solopos.com, Minggu (9/8/2015).

Budi menjelaskan Disbudpar melalui Paguyuban PPS selaku penyelenggara kegiatan juga mencari duta wisata yang lebih proaktif saat tampil di forum publik. “Kebijakan ini kami ambil berdasarkan evaluasi penyelenggaraan-penyelenggaraan PPS sebelumnya. Kami berharap ke depan ada duta wisata yang proaktif,” bebernya.

Menurut Kabid, untuk mencetak PPS proaktif pihak penyelenggara telah memodifikasi pola pembekalan. Jika sebelumnya pola pembekalan hanya satu arah, dari pemateri memberikan pembekalan kepada calon finalis PPS, tambah Budi, mulai tahun ini pembekalan dibuat lebih interaktif.

“Kami membuat pembekalan lebih efektif tahun ini. Polanya dibuat interaktif seperti diskusi. Arahannya membuat peserta nantinya bisa lebih proaktif,” terangnya.

Disinggung target pendaftar peserta Pemilihan PPS 2015, Disbudpar tidak mematok angka khusus. “Seperti tahun sebelumnya, kami tidak mengutamakan kuantitas peserta. Tapi lebih mencari kualitas peserta. Tidak hanya yang punya brain, beauty, dan behaviour yang unggul. Tapi juga kreatif,” katanya.

Koordinator Sie Pembekalan PPS 2015, Rizqa Zuhra, mengatakan hingga saat ini respons anak muda Solo untuk mengikuti Pemilihan PPS 2015 cukup baik. “Sampai sekarang pendaftar sudah dua digit. Kurang lebih 50 orang. Kami targetkan bisa menjaring 100 orang,” jelasnya saat di sela kegiatan Sosialisasi Pemilihan PPS 2015 di Solo Car Free Day,  Minggu pagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya