SOLOPOS.COM - Anak Ketua DPC PDIP Solo, F.X Hadi Rudyatmo, Rheo Fernandes, belum mau berkomentar dengan usulan dirinya menjadi Cawali Solo 2024. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO—Putra Ketua DPC PDIP Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, yaitu Rheo Yuliana Fernandez, masuk di Daftar Caleg Sementara (DCS) DPRD Solo dari Daerah Pemilihan (Dapil) V Solo yang meliputi Kecamatan Jebres.

Di dapil ini PDIP mengisi penuh kuota caleg yang ada yaitu 12 kursi. Rheo, panggilan akrabnya, mendapat nomor urut tujuh di daftar bacaleg PDIP di Dapil Jebres. Kendati putra dari Rudy, Rheo tak dapat nomor urut satu.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Dia kalah dari seniornya, seperti Ketua PAC PDIP Jebres, Honda Hendarto dan Ketua Fraksi PDIP DPRD Solo, YF Sukasno. Honda mendapat nomor urut satu di DCS PDIP Dapil V Jebres, dan Sukasno nomor urut dua.

Saat diwawancara Solopos.com, Senin (28/8/2023), Honda mengaku tidak tahu kenapa Rheo mendapat nomor urut tujuh. Tapi menurut dia ada petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis penentuan nomor.

“[Alasan Rheo nomor urut tujuh] Saya enggak tahu. Yang jelas ada surat dari DPP mengenai juklak dan juknis nomor urut ini. Intinya Ketua dan sekretaris DPC maupun PAC maju, mesti dapat nomor urut satu,” tutur dia.

Honda mencontohkan bila Rudy maju Bacaleg DPRD Solo, dia harus mendapat nomor urut satu di dapil-nya . Tapi bila Rudy tidak maju, dan Sekretaris DPC PDIP Solo, Teguh Prakosa, yang maju, dia yang nomor urut satu.

“Seumpama di Dapil V, Pak Rudy maju, otomatis beliau mendapat nomor urut 1. Itu berdasarkan juknis dari DPP. Seandainya Pak Rudy tidak maju, tapi Pak Teguh yang maju, berarti Pak Teguh yang nomor satu,” urai dia.

Tapi, bila Ketua dan Sekretaris DPC PDIP Solo tidak maju di dapil itu, Ketua dan Sekretaris PAC PDIP setempat yang dapat prioriotas mengisi nomor urut satu. “Seperti di Dapil Jebres, saya yang nomor urut satu,” ujar dia.

Disinggung nomor urut satu PDIP di Dapil III Solo yang diduduki Roro Indradi Sarwo Indah, menurut Honda karena Ketua dan Sekretaris DPC PDIP Solo tak maju dari situ. Ketua PAC PDIP Banjarsari juga tak maju di dapil itu.

Di sisi lain, Bacaleg nomor urut satu PDIP di Dapil I Solo yaitu Ekya Sih Hananto, sedangkan di Dapil II Solo yaitu Widhiarso, dan Dapil IV Solo Joni Sofyan Erwandi. Ekya adalah Ketua PAC PDIP Kecamatan Pasar Kliwon. Widiarso adalah Ketua PAC PDIP Laweyan dan Joni Sofyan Erwandi adalah Bendahara DPC PDIP Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya