SOLOPOS.COM - Sejumlah tokoh muncul dan berpotensi maju di Pilkada Solo 2024. (Dok)

Solopos.com, SOLO—Setiap orang mempunyai kesempatan yang sama menawarkan dirinya sebagai calon pemimpin Solo dalam Pilkada 2024.

Apalagi bila mereka mempunyai gagasan, kapasitas, kapabilitas, dan integritas, sebagai pemimpin kota. Sehingga pintu atau ruang bagi para figur potensial Cawali-Cawawali Solo harus mulai dibuka selebar-lebarnya.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Pendapat itu disampaikan tokoh Kota Solo, Purwanto Yudhonagoro, saat diwawancara Solopos.com, Selasa (27/2/2024). “Siapa pun punya kesempatan sama asal mau, mampu tenaga, pikiran, waktu, juga kemampuan. Jadi ini terbuka bagi siapa pun. Yang penting punya visi misi memajukan Solo,” ujar dia.

Namun, yang tidak kalah penting, Purwanto mengatakan, jangan sampai Solo sepeninggal Gibran Rakabuming Raka, mengalami kemunduran atau penurunan kualitas pembangunan.

“Jangan sampai pengganti Mas Gibran tak bisa ngikuti apa yang telah dilakukan Mas Gibran, tidak bisa melanjutkan,” terang dia.

Purwanto berharap kontestasi Pilkada 2024 tidak hanya menjadi ajang atau panggung para elite partai politik (Parpol). Pesta demokrasi lima tahunan itu menurut dia harus mewadahi semua potensi yang ada di kota ini. Sehingga Pilkada 2024 harus bisa menampung sebanyak mungkin figur yang punya potensi.

Figur-figur dari kalangan akademisi, pengusaha, profesional, dan tokoh masyarakat, harus dimunculkan. Purwanto melihat banyak dari kalangan itu yang punya potensi memimpin Solo.

Dia mencontohkan Rektor Unsa, Astrid Widayani, dari kalangan akademisi, dan Retno Wulandari, GM The Sunan Hotel.

Purwanto juga melihat sosok putri dari Maha Menteri Keraton Kasunanan Solo, KGPHPA Tedjowulan, yaitu BRA Putri Woelan Sari Dewi, punya potensi untuk itu. “Gusti Putri Woelan Sari juga masuk itu. Beliau orangnya kapabel,” kata dia. Bahkan bila dirinya diajukan, Purwanto mengaku siap.

Dia justru menyarankan ada tes atau adu gagasan dari para figur potensial Cawali-Cawawali Solo 2024. “Nek saya dianggap profesional dan diajukan, kenapa tidak. Saya berani. Nek perlu calonnya dites. Bukan bermaksud saya profesional. Tapi intinya semua punya kesempatan yang sama,” tandas dia.

Purwanto juga melihat sosok KGPAA Mangkunagoro X punya potensi menjadi Cawali Solo. Sedangkan dari kalangan parpol dia melihat sosok seperti seperti Wawali Solo, Teguh Prakosa; Ketua Bappilu DPC PDIP Solo, Her Suprabu, serta Ketua DPD Partai Golkar Kota Solo, Sekar Krisnauli Tandjung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya