SOLOPOS.COM - Petugas memindahkan ribuan buku kuno dari mobil kedalam gedung Museum Radya Pustaka Solo, Rabu (19/12/2012). (Dwi Prasetya/JIBI/SOLOPOS)

Petugas memindahkan ribuan buku kuno dari mobil kedalam gedung Museum Radya Pustaka Solo, Rabu (19/12/2012). (Dwi Prasetya/JIBI/SOLOPOS)

SOLO — Museum Radya Pustaka, mendapatkan sumbangan ribuan buku-buku kuno, Rabu (19/12/2012) siang. Sumbangan tersebut diberikan oleh orang yang belum diketahui jelas identitasnya.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Saat ditemui di kompleks museum tersebut, pengelola, Sanyoto, mengatakan pihak museum hanya diminta untuk mengambil buku-buku kuno tersebut ke rumah Fuad yang berada di daerah Mendungan, Kartasura. Namun sesampai di rumah yang dimaksud petugas museum tidak bertemu dengan sang penyumbang, hanya bertemu dengan tukang kebun yang diminta untuk memberikan buku-buku itu kepada petugas.

Menurut Sanyoto, sang penyumbang buku-buku tersebut adalah orang pemerhati museum. Hal tersebut dikarenakan buku-buku yang nilai jualnya miliaran rupiah tersebut tidak dijual justru diberikan secara cuma-cuma kepada museum.

Menurutnya usia buku-buku itu sudah cukup tua, rata-rata berkisar diatas 50 tahun. Sedangkan isi buku-buku tersebut bervariasi mulai dari buku sejarah hukum dan lain-lain. Sedangkan bahasa dari buku itu bervariasi.

“Nilai jual buku-buku ini Rp1 miliar lebih, tetapi sang pemilik justru berbaik hati dan memberikan kepada kita,” katanya kepada Solopos.com, Rabu siang.

Menurutnya buku-buku tersebut selanjutnya akan diidentifikasi terlebih dahulu oleh petugas museum. Selain itu petugas juga akan melakukan digitalisasi terhadap buku-buku itu agar isi buku awet. Dirinya mengaku akan segera mencari tahu siapa pemilik buku-buku tersebut untuk keperluan inventarisasi.

“Kita harus tahu nama lengkap, alamat dan dari mana buku itu diperoleh. Setelah itu baru kita bisa melakukan inventarisasi,” sambungnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya