SOLOPOS.COM - Ilustrasi Railbus Batara Kresna. (JIBI/Solopos/Dok.)

Railbus Batara Kresna beroperasi setiap hari dengan rute Solo-Wonogiri PP.

Solopos.com, SUKOHARJO – Sebanyak 42 perlintasan kereta api (KA) tak berpalang di jalur Railbus Batara Kresna dari Mojolaban hingga Nguter di Kabupaten Sukoharjo tanpa penjagaan petugas.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Kepala Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi (Dishubinfokom) Sukoharjo, R.M. Suseno Wijayanto, mengatakan hanya terdapat tujuh perlintasan KA berpalang di jalur Railbus Batara Kresna yang dijaga petugas.

Berdasarkan pemetaan Dishubinfokom, jumlah perlintasan KA tak berpalang di jalur Railbus Batara Kresna mencapai 45 titik. Dari 45 titik perlintasan KA tak berpalang itu, hanya tiga titik yang dijaga petugas dari Dishubinfokom.

“Tiga perlintasan KA tak berpalang yang dijaga petugas berada di Ngombakan [Kecamatan Polokarto], Songgorunggi dan Pengkol [Kecamatan Nguter]. Penempatan tiga petugas itu sesuai permintaan warga lantaran jalur itu ramai kendaraan bermotor,” jelas Suseno kepada di Sukoharjo, Rabu (15/4/2015).

Keterbasaan personel, kata Suseno, membuat Dishubinfokom Sukoharjo tidak mungkin menjaga seluruh perlintasan KA tak berpalang. Dia menilai, penempatan petugas di sejumlah perlintasan KA tak berpalang juga kurang efektif.

Solusi terbaik yang disarankan Suseno adalah dengan meningkatkan kewaspadaan pengguna jalan ketika ingin menyeberang perlintasan KA tanpa palang.

Wahyu Ibadi, 33, warga RT 001/RW 014, Kelurahan Sukoharjo, mengatakan tanpa adanya petugas jaga membuatnya sedikit waswas ketika ingin melewati perlintasan KA tak berpalang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya