SOLOPOS.COM - Railbus Batara Kresna (JIBI/Solopos/Dok)

Railbus Batara Kresna diluncurkan Rabu (11/3/2015). Railbus menempuh rute Solo-Wonogiri.

Solopos.com, SOLO – Railbus Batara Kresna diluncurkan Rabu (11/3/2015) pukul 08.00 WIB ini. Railbus akan diluncurkan oleh Menteri Perhubungan Ignasius Jonan. Batara Kresna merupakan railbus pertama di Indonesia yang melewati tengah kota.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Suasana penyambutan Railbus Batara Kresna mulai terlihat sejak Selasa (10/3/2015).  Di rel bengkong Purwosari, terpampang banner bertuliskan “Selamat jalan Railbus Batara Kresna.”

Komunitas Railfans PJL 99 Soloraya melakukan berbagai persiapan penyambutan Batara Kresna. Bersama warga, komunitas peminat kereta ini membawa banner sambutan pada Railbus yang resmi beroperasi Rabu (11/3).

Selepas mengarungi jalur Solo-Jogja akhir 2012, moda berwarna dominan putih ini absen mengarungi jalanan kota. Jikapun beroperasi, kehadirannya hanya sebatas uji coba.

Kepastian pengoperasian Railbus disambut suka cita pegiat Railfans, salah satunya Indrayana, 28. Dia masih ingat sensasi ketika kereta itu dijalankan melalui Solo-Jogja.

“Waktu itu berdekatan dengan Lebaran 2012 kalau tidak salah. Setelah itu tidak pernah beroperasi lagi,” kisah Indra, sapaan akrabnya.

Sebagai pegiat komunitas, ia berkesempatan tiga kali menjajal Railbus saat uji coba. Dia memandang Railbus sangat layak menjadi transportasi alternatif warga Solo, Sukoharjo maupun Wonogiri.

Selain dilengkapi fasilitas AC, Railbus dinilainya menawarkan pemandangan yang tidak dapat ditemui di kereta lain. “Kereta yang jalan di jalur perkotaan ya cuma ini. Makanya saya enggak pernah bosen kalau diajak menjajal Railbus.”

Siswa SMA Batik 1 Solo yang turut mengikuti aksi, M. Afif, 17, mengatakan perjalanan dengan kereta selalu membuatnya senang. Selama ini ia sering naik kereta Prameks atau Sriwedari pada akhir pekan untuk berwisata.

“Kalau Railbus memang sudah lama saya tunggu-tunggu. Keretanya unik dan nyaman,” kata dia. Afif berharap Railbus dapat berjalan konsisten agar tumbuh menjadi ikon kota.

Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daops VI Jogja, Gatut Sutiyatmoko, mengatakan persiapan launching Railbus sudah mendekati 100%. Informasi yang dihimpun Solopos.com, Railbus kembali diujicoba di jalur menuju Semarang untuk memastikan keandalan mesin, Selasa.

“Untuk launching tetap Rabu pukul 08.00 WIB di Stasiun Purwosari. Menteri Perhubungan Ignasius Jonan sudah mengonfirmasi hadir,” ucapnya.

Jadwal railbus menempuh rute Solo-Wonogiri sebanyak dua kali dengan harga tiket Rp4.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya