SOLOPOS.COM - Railbus Batara Kresna saat diuji coba beberapa waktu lalu. Operasional satu-satunya railbus di Indonesia ini terus terkatung-katung karena ketidakjelasan alokasi anggaran operasional. (JIBI/Solopos/Dok.)

Railbus Batara Kresna akan dioperasikan pekan depan. Namun hingga kini, stasiun tersebut belum menerima surat resmi pengoperasian rute Solo-Wonogiri itu.

Solopos.com, WONOGIRI–Stasiun Wonogiri belum melayani penjualan tiket kereta api (KA) Railbus Batara Kresna yang rencananya mulai kembali dioperasikan Rabu (11/3/2015).

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kepala Stasiun Wonogiri, Sino, mengatakan sampai sekarang stasiun Wonogiri belum mendapatlan surat resmi pengoperasian railbus dari PT Kerata Api Indonesia (KAI) Daops VI Yogyakarta. Railbus Batara Kresna rencananya bakal diresmikan Presiden Jokowi.

Meskipun belum mendapatkan surat resmi Stasiun Wonogiri sudah mulai mempersiapkan pengoperasian kereta perintis ekonomi jarak dekat itu.

“Kami sudah mulai menata ruangan tempat pembelian tiket yang sudah lama tidak kami fungsikan,” ujar Sino ketika ditemui Espos di stasiun, Jumat (6/3/2015).

Dia mengatakan ruang tunggu penumpang dan ruang antre tiket sudah mulai dibenahi. Untuk pembelian tiket sampai sekarang belum melayani.
“Sebenarnya sudah ada sebagian warga menanyakan jadwal pemberangkatan dan kapan tiket raibus mulai dijual. Namun, karena kami belum mendapatkan surat dari PT KAI, kami tidak berani memberikan kepastian,” kata dia.

Sino mengaku hanya mendapatkan informasi secara lisan mengenai pengoperasian railbus. Pengoperasian itu meliputi jadwal keberangkatan sehari dua kali sehari yakni pagi dan sore hingga tiket Rp4.000 sekali jalan. Selain itu untuk pelayanan tiket dari PT KAI Daops VI Yogyakarta akan mengirimkan dua petugas.

“Kami belum menerima grafis perjalanan kereta. Grafis itu sangat penting untuk mengirformasikan ke petugas pos jaga pintu perlintasan kereta,” kata dia.

Dia menambahkan PT KAI akan menginformasikan ke masyarakat jika tiket railbus sudah mulai dijual. Demikian halnya jadwal keberangkatan akan ditempel di masing-masing stasiun.

Sementara itu, salah seorang warga RT 002 / RW 005, Kelurahan Wonoboyo, Wonogiri, Rohmi Rizal mengaku kedatangannya ke stasiun untuk mencari informasi railbus. Dia berharap stasiun segera membuka pelayanan penjualan tiket raibus.

“Saya berencana pergi ke Solo pada hari Kamis mendatang untuk main ke rumah sodara di daerah Sangkrah, Pasar Kliwon dengan naik railbus. Setelah saya ke stasiun ternyata tiket belum dijual,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya