SOLOPOS.COM - Railbus Bathara Kresna (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SUKOHARJO — Railbus Batara Kresna terlibat kecelakaan di perlintasan kereta api di Sukoharjo, Selasa (28/2/2023) sekitar pukul 07.07 WIB. Seorang pensiunan alami patah tulang akibat kecelakaan itu, sementara bemper depan Railbus Bathara Kresna pecah.

“Betul [kecelakaan], sekarang ditangani Satlantas Polres Sukoharjo, karena tempat kejadian perkara (TKP) di jalan penghubung beraspal. Pesepeda motor berboncengan menabrak KA yang melaju dari arah Solo ke Wonogiri,” ucap Kapolsek Sukoharjo Kota, AKP Winardi.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Peristiwa tersebut terjadi di perlintasan kereta api tanpa palang pintu, tepatnya di RT 004/RW 004, Dukuh Purwosari, Kelurahan Begajah, Kecamatan Sukoharjo. Railbus Batara Kresna 637 dikendarai oleh masinis bernama Hernawan Santosa.

Sementara pengendara sepeda motor yang terlibat kecelakaan adalah Honda PCX bernopol AD 4260 KB. Motor ini dikendarai Suwarno, 63, asal RT 002/RW 002, Dukuh Banaran, Desa Baran, Kecamatan Nguter, Sukoharjo.

Kasatlantas Polres Sukoharjo, AKP Sofia Wuriana, mengatakan Suwarno yang merupakan seorang pensiunan tersebut alami patah tulang pada kaki kanan. “Korban dalam keadaan sadar, dirawat di RSUD Ir Soekarno Sukoharjo,” kata Sofia.

Kronologi kejadiannya, semula Batara Kresna melaju dari arah utara (Solo) ke arah selatan (Wonogiri). Sedangkan pengendara Honda Pcx berjalan dari barat ke timur. Namun karena korban kurang memperhatikan lintasan KA dari arah utara, sehingga terjadi benturan.

“Korban berboncengan dengan istrinya. Pembonceng tidak mengalami luka,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo, Toni Sih Buntoro, mengatakan akan menambah palang pintu pada empat perlintasan kereta tahun ini. “Empat perlintasan itu lokasinya di Pranan, Begajah, Songgorunggi dan Gupit,” kata Toni.

Berdasarkan data Dishub Sukoharjo, ada 34 perlintasan kereta api di Kabupaten Jamu ini. Dari jumlah tersebut yang sudah berpaling pintu baru enam lokasi, sisanya belum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya