SOLOPOS.COM - Rois Aam PBNU Miftachul Akhyar. (Solopos.com/Ichsan Kholif Rahman)

Solopos.com, SOLO—Perhelatan akbar Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Nahdlatul Ulama (NU) resmi dubuka di Sritex Arena, Solo, pada Senin (16/1/2023) malam.

Porseni NU 2023 di Kota Solo menjadi salah satu forum silaturahmi sekaligus ajang kreativitas dan kompetisi para generasi muda NU.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Mantan Ketua MUI yang kini menjadi Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar mengatakan olahraga adalah bagian dari ibadah, jika dilakukan dengan kejujuran dan sportivitas akan berdampak baik dan akan menjadi percontohan bagi lainnya.

“Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, akal yang sehat akan berada di dalam jasad yang sehat pula,” kata Kiai Miftah sapaan akrabnya.

Dia mengibaratkan santri yang bermental kuat itu seperti mobil yang memiliki double gardan, yang mampu menggerakkan semua organ-organ. Apabila salah satu memiliki kelemahan maka organ satunya mampu untuk menggantikan dan meneruskan.

“Dalam perintah Allah SWT yang termaktub dalam Surat Hud ayat 61 yang artinya Allah telah menciptakan kamu dari bumi dan menjadikan kamu sebagai pemakmurnya. Pemakmur bumi adalah kalian yang memiliki mentalitas kuat dan pikiran yang cerdas,” kata Kiai Miftah.

Kiai Miftah juga mengajak para peserta Porseni untuk menjunjung tinggi akhlak dalam berkompetisi. Olahraga bukan hanya sekadar ajang untuk adu fisik dan adu otot, tetapi juga tunjukkan akhlak di dalam sebuah permainan.

PBNU turut berterima kasih kepada Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka atas dukungan terlaksananya kegiatan Porseni.

Ketua Panitia Pelaksana Porseni NU 2023 Nusron Wahid menyebutkan total atlet yang mengikuti Porseni NU ini sebanyak 3.467 orang, lomba mewarnai logo NU tingkat PAUD/TK/RA sebanyak 1.200 dan paduan suara Indonesia Raya, Ya Lal Wathan, atau selawat sebanyak 120 peserta.

“Di dalam rangkaian Porseni NU ini ada pula acara sampingan, yakni festival kuliner dan bazar UMKM yang digelar di halaman Pura Mangkunegaran, mulai Senin (16/1/2023) pagi hingga Sabtu (21/1/2023),”  kata dia.

Sementara itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyebut perhelatan Porseni NU 2023 memiliki dampak luar biasa bagi Kota Solo. Banyaknya orang yang datang dan terlibat dalam Porseni NU membuat warga Kota Solo dapat kecipratan berkahnya baik sektor UMKM, transportasi, maupun yang lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya