SOLOPOS.COM - Kapolres Klaten, AKBP Eko Prasetyo, mengecek kesiapan kendaraan dinas di Polres Klaten, Senin (20/3/2023). (Istimewa/Humas Polres Klaten)

Solopos.com, KLATEN — Kapolres Klaten, AKBP Eko Prasetyo, memastikan kesiapan seluruh kendaran dinas untuk mendukung pengamanan selama Ramadan. Seluruh personel Polres Klaten bakal dilibatkan pada program Rowatib atau Ramadan Wajib Aman dan Tertib.

Kepastian kesiapan seluruh kendaraan dinas itu disampaikan Kapolres setelah apel pengecekan kendaraan dinas menjelang Ramadan di Lapangan KSDC Mapolres Klaten, Senin (20/3/2023). Apel diikuti anggota Polres dan Polsek yang membawa kendaraan dinas.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kapolres menjelaskan kegiatan patroli selama Ramadan bakal ditingkatkan menyusul meningkatnya aktivitas warga selama Ramadan. Hal itu dilakukan Polres Klaten untuk memastikan situasi kondusif di seluruh wilayah Kabupaten Bersinar.

“Tentu ini membutuhkan kendaraan dengan kondisi yang prima. Kami ingin mengetahui sejak awal kondisi kendaraan jangan sampai nanti digunakan pengamanan selama Ramadan dan Operasi Ketupat Candi ada kendala,” kata Kapolres saat apel pengecekan kendaraan dinas berdasarkan rilis yang diterima Solopos.com dari Humas Polres Klaten.

Seluruh personel Polres Klaten bakal dilibatkan dalam program Rowatib seperti yang dilakukan pada Ramadan 2022. Personel Polres menggelar patroli saat malam, menjelang sahur, hingga waktu Subuh.

“Akan kami terjunkan seluruh personel, khususnya saat Salat Tarawih. Kemudian waktu rawan lainnya seperti menjelang sahur dan Salat Subuh. Kami akan lakukan patroli dan imbauan untuk sama-sama menjaga Klaten,” kata Kapolres.

Untuk mendukung mobilitas personel Polres Klaten, sebanyak 250 kendaraan dioperasikan. Ratusan kendaraan itu terdiri dari 50 kendaraan roda empat dan 200 kendaraan roda dua.

Dari hasil pengecekan saat digelar apel, Kapolres memastikan kelayakan kendaraan dinas di Polres Klaten. Namun, dia mengaku ada beberapa kendaraan yang harus segera masuk bengkel untuk diperbaiki lantaran mengalami sejumlah kendala, seperti oli rembes serta kampas kopling tipis.

“Semuanya layak tetapi memang ada beberapa yang mengalami kendala. Kami kebut perbaikannya sehingga nanti saat digunakan sudah on fire semuanya,” kata Kapolres.

Wakapolres Klaten, Kompol Tri Wakhyuni, mengatakan program Rowatib dilakukan dengan menggelar patroli rutin terutama saat malam, waktu sahur, serta Subuh. Selain patroli, personel Polres Klaten bakal menggelar kegiatan di masjid-masjid untuk menyampaikan imbauan terkait pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Kerawanan yang dimungkinkan terjadi selama Ramadan seperti pencurian dengan pemberatan, pencurian sepeda motor, balap liar, dan tak kalah menjadi fokus perhatian yakni terkait miras. Kami bersinergi dengan tokoh agama, tokoh masyarakat, serta seluruh elemen untuk bersama-sama menjaga suasana kondusif di Klaten,” kata Wakapolres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya