SOLOPOS.COM - Pengunjung menikmati kolam renang tiga tingkat yang menjadi daya tarik baru di kawasan wisata D’New Siblarak, Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Kamis (17/8/2023). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Objek Wisata Siblarak di Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Klaten, kini memiliki daya tarik baru yang diluncurkan bersamaan dengan hari peringatan Kemerdekaan RI, Kamis (17/8/2023). Kawasan wisata air yang asri itu dilengkapi dengan kolam renang tiga tingkat.

Sebelumnya, setidaknya ada dua kolam renang besar dengan tatanan batu alam di sekeliling bibir kolam. Di tepian kolam tumbuh pepohonan tinggi yang membikin tepi kolam terasa teduh. Kolam tersebut menyuguhkan pemandangan sawah berundak.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Ketika mulai tumbuh, hamparan padi yang hijau di areal persawahan memperkaya pemandangan. Kini, kawasan tersebut dilengkapi kolam renang tiga tingkat. Lokasinya bersebelahan dengan kolam renang yang sudah ada sebelumnya.

Kawasan kolam renang tiga tingkat berada satu lokasi dengan food court serta musala yang juga baru saja rampung dibangun objek wisata Siblarak, Klaten. Kolam renang tiga tingkat itu juga berbatasan dengan hamparan sawah dan terpisahkan alur sungai kecil.

Seperti namanya, ada tiga kolam di wahana wisata anyar itu. Kolam paling atas terdapat wahana permainan anak seperti seluncuran serta ember tumpah.

Di tingkat kedua, ada kolam lainnya yang bisa untuk permainan air. Di tingkat paling bawah, ada kolam berikutnya yang bisa untuk bermain maupun belajar berenang anak-anak.

Kolam renang tiga tingkat itu cocok untuk anak-anak karena tak terlalu dalam. Kedalaman kolam antara 50 sentimeter hingga 100 sentimeter. Tempatnya teduh dengan pemandangan area persawahan di sebelahnya.

“Sengaja kolam memang tidak terlalu dalam untuk pengamanan anak dan rescue lebih mudah,” kata Direktur BUM Desa Sinergi Sidowayah, Hartoyo, saat ditemui Solopos.com di wisata Siblarak, Kamis (17/8/2023).

Hartoyo mengatakan kolam besar yang sudah ada lebih dulu di objek wisata Siblarak, Klaten, juga tidak terlampau dalam, antara 100 sentimeter hingga 150 sentimeter. Tempatnya juga nyaman dan jauh dari keramaian jalan raya.

Harga Tiket Masuk Rp8.000/Orang

Kolam renang di kawasan itu memanfaatkan aliran air segar dari sumber mata air setempat. Selain itu, kawasan wisata Siblarak dilengkapi daya tarik lain seperti wahana outbound serta camping ground.

Kawasan camping ground bisa menampung sekitar 500 orang. Kawasannya berada di tepian sungai dan dikelilingi pepohonan rindang. Soal tiket masuk, Hartoyo menjelaskan harga tiket masuk ke wisata Siblarak Rp8.000 per orang.

Sementara tarif paket outbound mulai Rp75.000 hingga Rp100.000 per orang. “Memang di wilayah sini banyak wisata air. Tetapi yang membuat berbeda dengan lainnya di sini konsep alamnya yang masih asri serta ramah anak. Selanjutnya kami akan menuju ke destinasi wisata ramah difabel,” kata Hartoyo.

Seiring penataan objek wisata Siblarak, Pemerintah Desa (Pemdes) Sidowayah, Klaten, meluncurkan D’New Siblarak. Dengan penambahan fasilitas baru kali ini, pengelola berharap destinasi wisata air yang dikelola BUM desa tersebut kian moncer.

“Siblarak saat ini omzet per bulan baru sekitar Rp60 juta. Total kunjungan per pekan sekitar 5.000 orang. Kami terus menggali potensi-potensi yang ada guna mendongkrak kunjungan wisatawan,” jelas Hartoyo.

Kepala Desa (Kades) Sidowayah, Mujahid Jaryanto, mengatakan wisata Siblarak kini dilengkapi daya tarik baru. Selain kawasan kuliner, tempat tersebut dilengkapi tiga kolam renang anak termasuk wahana permainan air serta kolam terapi ikan.

“Kemudian ada tubing, outbound, dan lain-lain,” kata Mujahid. Mujahid menjelaskan Desa Sidowayah memiliki daya tarik wisata yang cukup lengkap. Ada destinasi wisata air lainnya yang lebih dulu moncer yakni Umbul Manten.

Selain wisata air, Sidowayah memiliki daya tarik wisata lainnya yakni wisata edukasi Kampung Dolanan Sidowayah. Destinasi itu menjadi wisata untuk anak-anak yang diajak memainkan berbagai permainan tradisional yang sarat edukasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya