SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemilu. (freepik.com)

Solopos.com, WONOGIRI — Sejumlah pengurus partai politik atau parpol di Wonogiri tak terlalu ambil pusing dengan dukung mendukung calon presiden (capres) pada Pemilu 2024 yang sudah ramai di tingkat pusat. Mereka pilih fokus pada pemenangan Pemilu Legislatif yang tinggal hitungan bulan.

Seperti diketahui, beberapa parpol sudah mendeklarasikan dukungan untuk bakal calon presiden. Terbaru, Partai Golkar dan PAN menyusul PKB resmi bergabung dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) yang mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden pada Pilpres 2024. 

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar Wonogiri, Bondan Sejiwan Boma Aji, mengatakan dengan bergabungnya Golkar dalam KKIR berarti memberikan kepastian arah dukungan DPD Golkar Wonogiri. Kendati demikian, dia mengaku sama sekali tidak kaget dengan keputusan Golkar mendukung Prabowo sebagai capres. 

“Pak Prabowo itu kan walaupun Partainya Gerinda, tetapi ideologi beliau itu Golongan Karya. Masih ada hubungan kedekatan antara Golkar dengan Prabowo. Jadi kami tidak kaget. Toh pada Pilpres sebelumnya Golkar juga mendukung Prabowo,” kata Bondan saat dihubungi Solopos.com, Selasa (15/8/2023).

Bondan menyampaikan dalam waktu dekat ini belum ada langkah atau pergerakan untuk bacapres Prabowo di Wonogiri. Menurutnya hari-hari ini masih terlalu dini untuk parpol di Wonogiri bergerak dalam usaha memenangi Pilpres.

Apalagi bergabungnya Golkar ke KKIR baru terjadi sepekan ini. Golkar Wonogiri masih fokus untuk menyiapkan tahapan Pemilu Legislatif 2024. 

Walaupun demikian, Bondan meyakini tidak terlalu sulit bagi Prabowo untuk mendulang suara di Wonogiri pada Pilpres 2024. Hal itu karena Prabowo masih ada hubungan dengan Orde Baru yang dipimpin Suharto.

“Secara historis Golkar dan Pak Harto itu cukup kuat di Wonogiri. Kita tahu, Pak Harto pernah hidup di Wonogiri, dulu,” ujar dia.

Ketua DPD PAN Wonogiri, Sardi, juga mengungkapkan masih akan fokus menyiapkan Pemilu Legislatif meski sudah mendapatkan kepastian arah dukungan PAN kepada capres Prabowo. Sebagai parpol daerah, PAN Wonogiri akan tegak lurus dengan keputusan partai.

Ketika sudah pada waktunya, PAN Wonogiri bakal mengerahkan tenaga dan pikiran untuk mendukung Prabowo dalam Pilpres 2024. “Tetapi untuk saat ini, kami masih fokus menghadapi Pemilu Legislatif di Wonogiri,” katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPC PKB Wonogiri, Witanto, berharap cawapres pasangan Prabowo tetap dari kelompok PKB atau Nahdlatul Ulama (NU) meski koalisi KKIR cukup beragam. Di sisi lain, PKB Wonogiri juga masih menguatkan barisan dan terus berkonsolidasi untuk memastikan memperoleh kursi pada Pemilu Legislatif 2024.

“Pada prinsipnya kami manut dengan keputusan partai. PKB di tingkat pusat pasti sudah mempertimbangkan banyak hal untuk mereka bergabung ke mana. Yang bawah tinggal mengikuti,” ucap Witanto.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya