SOLOPOS.COM - Gapura Pasar Rakyat Kota Solo 2023 untuk menyambut Sekaten telah terpasang di pintu masuk Alun-alun Utara, Solo, Minggu (27/8/2023). (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLOPasar malam Sekaten bakal digelar di Alun-alun Utara, Solo, Jumat (8/9/2023)-Minggu (8/10/2023).

Meski akan ada rencana revitalisasi Alun-alun Utara dan Alun-alun Selatan di tahap awal, Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (Keraton Solo) memastikan pasar malam sebagai pendukung tradisi Sekaten tidak menganggu tahapan konstruksi revitalisasi tersebut.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Semoga tidak, proses lelang revitalisasi sedang berjalan. Proses fisik tidak akan terganggu, sudah dipertimbangkan, dan sudah dikoordinasikan,” kata Pengageng Sasana Wilapa Keraton Solo K.P.H. Dany Nur Adiningrat saat dihubungi Solopos.com, Minggu (27/8/2023) malam.

Pantauan Solopos.com, di pintu masuk sisi utara, Alun-alun Utara, Solo, Minggu (27/8/2023), terdapat gapura Sekaten Pasar Rakyat Kota Solo 2023. Gapura terdapat foto SISKS Paku Buwono XIII.

Bagian pagar juga terpasang spanduk berjenis MMT pemesanan stan Pasar Rakyat Kota Solo 2023, antara lain stan pasar rakyat, UMKM Solo, UMKM Jateng dan stan usaha kreatif.

Sejumlah jenis stan yang disediakan itu adalah stan fesyen, kuliner, aksesori, otomotif, cendera mata pecah belah, finance, gadget, wahana hiburan keluarga, aneka permainan tradisiona, dan modern.

Spanduk jenis MMT itu juga menjelaskan panggung hiburan dengan artis dan musisi, antara lain OM Della, OM New Pallapa, OM Romansa, Rebellion Rose, After Shine, Gildcoustik, Karna Mereka. Di area Alun-alun Utara telah terpasang sejumlah kerangka tenda.

K.P.H. Dany Nur Adiningrat mengatakan pasar malam itu untuk mangayubagya Sekaten 2023. Sekaten berlangsung pada Mulud.

Dani mengatakan SISKS Paku Buwono XIII menunjuk Event Organizer Diana Ria Enterprise untuk menggelar pasar malam. Konsep dan tarif sewa stan menjadi hak dan tanggung jawab CV Diana Ria Enterprise selama tidak melanggar adat istiadat dan ketentuan Keraton Solo.

“Untuk upacara adatnya menjadi otoritas Sinuhun di pusatkan Masjid Agung. Miyos Gongso ditabuh, kondur Gongso, acara grebeg gunungan bulan Mulud itu adalah upacara Sekaten yang sebenarnya. Terkadang masyarakat rancu sekaten itu pasar malamnya. Pasar malam adalah acara pendukung memeriahkan Sekaten,” ujar dia.

Dia mengatakan Pemkot Solo melalui organisasi perangkat daerah, antara lain Dinas Pariwisata dan Kebudayaan serta Dinas Perhubungan Kota Solo sudah mengetahui adanya pasar malam.

CV Diana Ria sudah melakukan rapat lanjutan dengan Pemkot Solo supaya tidak ada miskomunikasi seperti tahun lalu. Tawaran berbagai stan melalui spanduk berjenis MMT di Alun-alun Utara dilakukan Diana Ria Enterprise.

Sementara itu, penandatanganan kontrak antara pemenang lelang dan pengguna anggaran revitalisasi Keraton Solo direncanakan pada 26 September 2023.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Solo, Heru Sunardi, mengatakan pasar malam bisa dilakukan sebelum proses konstruksi revitalisasi dimulai.

“Para pedagang kaki lima harus masuk ke area alun-alun, enggak boleh di sisi timur atau barat,” kata Heru.

Menurut dia, Pemkot Solo belum melakukan sosialisasi kepada pedagang di kawasan Alun-alun Utara dan Alun-alun Selatan. Pemkot Solo masih menunggu metode kerja Kementerian Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Saya sampaikan pedagang enggak usah resah, sambil menunggu metode kerja dari kementerian,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya