SOLOPOS.COM - Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, bersama Ketua Umum Senkom Mitra Polri, Katno Hadi, memimpin aksi bersih-bersih Kali Pepe Solo, Sabtu (17/9/2022) siang. (Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Ratusan anggota Sentra Komunikasi (Senkom) Mitra Polri Solo dan Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) Solo mengikuti aksi bersih-bersih Kali Pepe Solo tepatnya di Kelurahan Keprabon Banjarsari, Solo, Sabtu (17/9/2022).

Kegiatan yang dihadiri Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa dan Ketua Umum Senkom Mitra, Katno Hadi, tersebut juga melibatkan sejumlah elemen masyarakat dan polisi. Menariknya, Teguh dan Katno dalam kegiatan itu tak hanya mengawasi, namun ikut terjun langsung ke Kali Pepe ikut menyingkirkan berbagai sampah dan sedimen yang ada di sungai tersebut.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Kegiatan ini sesuai misi organisasi Senkom Mitra Polri yang bergerak di bidang sosial masyarakat,” ujar Katno.

Dia menjelaskan belum lama ini Senkom Mitra Polri dan Baguna sama-sama mendapatkan penghargaan dari pemerintah sebagai organisasi yang aktif dalam penanggulangan bencana.

Baca Juga: Minggu, 1.000 Apam Dikirab saat Tradisi Grebeg Kenang Sejarah Kampung Sewu Solo

“Beberapa waktu lalu saya sudah berkoordinasi dengan Sekjen PDIP [Hasto Kristiyanto] untuk mengajak Baguna dalam aksi sosial. Alhamdulillah mendapat sambutan baik di sini [Solo]. Hari ini kami awali aksi di Solo,” kata dia.

Menurut Katno kegiatan serupa akan digelar Senkom Mitra Polri bersama Baguna di daerah lain. Aksi bersih-bersih sungai dari sampah dan sedimentasi diharapkan bisa meminimalisasi risiko banjir menjelang musim penghujan.

Penuturan senada disampaikan Ketua Senkom Mitra Polri Solo, Kevin Fabiano, saat diwawancara wartawan usai acara. Menurut dia kegiatan bersih-bersih Kali Pepe tidak hanya digelar sekali. Ke depan akan digelar aksi yang sama.

Dengan kegiatan itu diharapkan aliran air Kali Pepe bisa lancar, sehingga tidak menjadi sumber persebaran berbagai penyakit.

Baca Juga: Tarian Khas Kadipaten Mangkunegara Dibawa Roadshow ke Tiga Negara

Sementara Teguh Prakosa mengapresiasi kontribusi Senkom Mitra Polri dan Baguna Solo yang berinisiatif membersihkan Kali Pepe mendekati musim penghujan. Menurut dia kebersihan lingkungan tanggung jawab bareng.

Dengan lingkungan yang bersih dan sehat, banyak keuntungan yang diperoleh. Mulai dari masyarakat dijauhkan dari bibit penyakit dan bencana alam seperti banjir. Teguh berharap aksi bersih-bersih bisa berkelanjutan.

“Saya harap kegiatan ini tidak berhenti di sini, tapi bisa berkelanjutan. Dengan aksi seperti ini, masyarakat di sepanjang aliran sungai harus membantu dan membangkitkan kepedulian mereka dalam menjaga sungai,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya