SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksin virus. (Flash90/David Cohen)

Solopos.com, KLATEN — Ratusan guru dari lima sekolah wilayah Kabupaten Klaten segera disuntik vaksin Covid-19. Hal itu sebagai persiapan menjelang uji coba pembelajaran tatap muka (PTM).

Sebagai informasi, jumlah sekolah yang akan menggelar uji coba PTM Klaten bertambah menjadi lima sekolah. Sebelumnya, ada empat sekolah yang direncanakan menggelar uji coba PTM pada 5-16 April 2021 sesuai penunjukan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Keempat sekolah itu yakni SMKN 3 Klaten, SMAN 3 Klaten, MAN 1 Klaten, dan SMPN 2 Klaten. Sedangkan tambahan satu sekolah yakni MTsN 3 Klaten di Kecamatan Prambanan.

Baca Juga: Wali Kota Gibran Sebut Flyover Purwosari Solo Kurang Sempurna, Ini Alasannya

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Klaten, Wardani Sugiyanto, membenarkan ada tambahan satu sekolah yang menggelar uji coba PTM pada 5 April mendatang. Hingga kini, persiapan menggelar uji coba masih terus dilakukan masing-masing sekolah.

“Kami terus melakukan monitoring dan pendampingan. Hari ini tadi ke SMAN 3 Klaten dan SMKN 3 Klaten. Prinsipnya sekolah sudah siap menggelar uji coba PTM,” kata Wardani, Jumat (26/3/2021).

Sementara itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten mendata guru serta karyawan dari kelima sekolah yang bakal menggelar uji coba PTM pada 5 April mendatang untuk segera mendapatkan vaksin.

Baca Juga: Sukoharjo Dapat Tambahan 6.000 Dosis Vaksin Covid-19, Sebagian Untuk Guru

Lokasi Vaksinasi

Totalnya ada 516 guru dan karyawan. Vaksinasi kepada guru dan karyawan di lima sekolah tersebut diprioritaskan karena menjadi salah satu persyaratan menggelar uji coba PTM yakni guru dan karyawan sudah mendapatkan vaksin.

“Rencananya vaksinasi kepada guru di lima sekolah itu dilakukan di RSUP dr Soeradji Tirtonegoro Klaten. Vaksin Covid-19 sudah kami alokasikan untuk guru yang akan menggelar PTM,” urainya.

Wardani mengatakan vaksinasi guru akan dilakukan sebelum 5 April 2021. Untuk suntikan dosis kedua tentu sesuai ketentuan yakni 28 hari sejak penyuntikan dosis pertama.

Baca Juga: Puluhan Sekolah Sragen Simulasi PTM, Begini Aturan Dari Satgas Covid-19

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Klaten, Anif Solikhin, membenarkan ada dua sekolah di bawah Kemenag yang akan menggelar uji coba PTM. Keduanya yakni MAN 1 Klaten dan MTsN 3 Klaten.

“Secara teknis madrasah sudah mempersiapkan cukup lama. Membentuk Satgas Covid-19 di madrasah, mempersiapkan SOP pembelajaran dengan protokol kesehatan seperti pengukuran suhu tubuh, perlengkapan cuci tangan menggunakan sabun. Kemudian wajib mengenakan masker dan lain-lain. Kami tetap menunggu keputusan lebih lanjut dari Satgas Covid-19 Klaten,” kata Anif.

Izin Orang Tua

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Klaten, Jaka Sawaldi, mengatakan sekolah-sekolah wajib memenuhi persyaratan sebelum menggelar uji coba PTM meski sudah ditunjuk dari provinsi.

Baca Juga: 47 Sepeda Motor Disita Polisi di Panularan Solo Akhirnya Dikembalikan

Selain mendapatkan izin dari Satgas Penanganan Covid-19 Klaten, sekolah wajib mengantongi izin orang tua serta para guru sudah mendapatkan vaksin.

Jaka menjelaskan untuk sementara uji coba PTM masih terbatas di sekolah-sekolah yang ditunjuk pemprov. Uji coba di sekolah lain menunggu evaluasi dari pelaksanaan uji coba pada 5-16 April mendatang.

Begitu pula dengan jenjang SD hingga kini belum diizinkan menggelar PTM atau masih diberlakukan pembelajaran jarak jauh.

Baca Juga: Bergulir April, Pelaku UMKM Sukoharjo Dipastikan Dapat Bantuan Subsidi Bunga Pinjaman 50%

Jumlah guru dan karyawan di 5 sekolah yang akan menggelar uji coba PTM:
SMK 3 Klaten : 120 orang
SMA 3 Klaten : 72 orang
MAN 1 Klaten : 53 orang
SMPN 2 Klaten : 223 orang
MTsN 3 Klaten : 51 orang
Total : 519 orang
Sumber : Dinkes Klaten (tau)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya