SOLOPOS.COM - Masyarakat menanti Pawai Pembangunan di Kabupaten Sukoharjo di Jl. Jenderal Sudirman, Sabtu (19/8/2023). (Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri)

Solopos.com, SUKOHARJO — Polres Sukoharjo mengerahkan 165 personel untuk mengamankan jalannya Pawai Pembangunan Kabupaten Sukoharjo, Sabtu (19/8/2023) siang. Pawai digelar di Jl. Jenderal Sudirman untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78.

“Petugas di lapangan juga melakukan pengaturan kendaraan bermotor sehingga jalannya karnaval tidak mengganggu proses perjalanan pengguna jalan lainnya. Khususnya pada  Jl. Jenderal Sudirman yang merupakan jalur utama perlintasan tengah kota,” ujar Kapolres Sukoharjo, AKBP Sigit, melalui Kabag Ops, Kompol Bagus Prasetyo.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Selain pengamanan jalur yang dilewati oleh para peserta karnaval, pihaknya juga menyebar sebagian personel lainnya untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas. Potensi terjadinya gangguan keamanan cukup besar mengingat banyaknya warga yang antusias menonton sejumlah atraksi dan kreasi dalam karnaval tersebut.

“Sesuai arahan pimpinan, para personel dari beberapa satuan berbagi tugas masing-masing. Selain mengamankan jalur lokasi karnaval juga mengantisipasi gangguan kamtibmas lainnya,” terangnya.

Kabag Ops menambahkan, guna berjalannya acara karnaval pihaknya juga menutup semua jalur Jl Jenderal Sudirman yang digunakan untuk pawai karnaval tersebut. “Kami menutup jalan dari simpang batas kota/terminal hingga Patung Jamu. Kemudian dari titik start Komplek Pemkab sukoharjo sampai finis di Simpang Lima Sukoharjo. Untuk arus kendaraan kami alihkan ke Jalan Lingkar Timur,” paparnya.

Sementara itu, sejumlah warga telah memadati Jl, Jenderal Sudirman meski terik matahari cukup menyengat. Warga dari usia balita hingga lanjut usia antusias menanti pertunjukan oleh lebih dari 80 mobil hias. Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Sukoharjo juga menyemprot sebanyak satu tangki air di jalur karnaval untuk meredam panas.

Warga Tawangsari, Sukoharjo, Suprapti, mengaku telah menanti Pawai Pembangunan tersebut sejak pukul 11.30 WIB. Ia bersama kedua anaknya juga telah mempersiapkan topi, jajanan dan minuman demi menonton Pawai tersebut.

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, bersama rombongan Forkopimda hadir di panggung kehormatan sekitar pukul 13.30 WIB. Bupati bersama rombongan memakai kaus bernuansa merah hitam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya