SOLOPOS.COM - Ratusan suporter sepakbola di Soloraya yang menamakan diri Ganjar-Mahfud Sakjose (Gamas) menyatakan dukungan kepada pasangan Capres-Cawapres nomor urut 3, Minggu (26/11/2023) malam. (Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO--Sekitar 600 suporter sepakbola di Soloraya yang menamakan diri Ganjar-Mahfud Sakjose (Gamas) menyatakan dukungan kepada pasangan Capres-Cawapres nomor urut 3 Ganjar-Mahfud, Minggu (26/11/2023) malam.

Pernyataan dukungan itu mereka lakukan di Rumah Relawan Ganjar-Mahfud di Jalan Adisucipto Nomor 577 Blulukan, Colomadu, Karanganyar. Mereka menyatakan siap membantu dengan segenap tenaga untuk memenangkan pasangan Ganjar-Mahfud di Pemilu tahun 2024.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Dalam pernyataan sikap yang dibacakan Ketua Gamas, Sabar Narimo, didampingi jajaran pengurusnya, Gamas adalah suporter bola yang menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas, kebersamaan, dan nilai-nilai kemanusiaan. Mereka mendukung kemajuan olahraga nasional.

Hal itu dibuktikan dengan kehadiran di setiap event dan momentum untuk mengharumkan nama bangsa. “Kami sangat menjunjung tinggi kepentingan bangsa dan negara sehingga kami bisa memahami semua prinsip kemanusiaan dan ruang toleransi tersebut,” urai dia.

Gamas terus menyimak, mengamati, dan memantau isu-isu terkini terkait proses suksesi kepemimpinan nasional yang akan dilaksanakan 14 Februari 2024. Penyimakan, pengamatan dan pemantauan itu dilakukan dari sudut pandang pelaku suporter olahraga sepakbola.

“Kami terhenyak karena menemukan adanya berbagai cara tak pantas yang dilakukan kontestan Pilpres untuk meraih kekuasaan. Perilaku itu sangat menyinggung nilai-nilai sportivitas yang selama ini kami junjung tinggi, dan bisa membawa pada kemunduran demokrasi,” ujar dia.

Dengan kondisi itu, menurut Sabar, telah melabrak tata nilai dan etika bangsa. Untuk itu, Gamas merasa perlu untuk berada pada posisi berpihak kepada kemajuan dengan mengedepankan etika dalam berpolitik. Gamas menemukan secercah harapan pada Ganjar-Mahfud.

Dalam paparan visi-misinya, Ganjar-Mahfud bertekad mewujudkan olahraga unggulan sebagai lambang supremasi Indonesia. Salah satunya di bidang olahraga sepak bola. Ganjar-Mahfud juga dinilai memahami pentingnya menumbuhkan budaya sportif.

Hal itu dengan menargetkan revitalisasi infrastruktur olahraga satu lapangan olahraga per desa. Kepemimpinan Ganjar dan Mahfud Md juga menjadi pertimbangan. Sebab suporter pelaku gerakan dukungan mengutamakan sikap terbuka, sportif, dan karakter luhur bangsa.

Sikap Ganjar Pranowo dalam membela tragedi penindasan kemanusiaan di Palestina, menunjukkan kader PDIP itu sebagai seorang pemimpin berkarakter yang menjunjung tinggi prinsip kemanusiaan, toleransi, dan menjaga sikap tegas mengawal konstitusi.

Demikian juga karakter kuat Mahfud Md, telah diakui luas sebagai pendekar penegakan supremasi hukum yang sangat menonjol di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya