SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

BIBIT POHON--Warga Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, membawa puluhan bibit pohon yang disediakan oleh Pemkab Karanganyar di Lapangan Desa Kemuning, Rabu (7/12/2011) pagi. Pembagian bibit pohon tersebut dilakukan untuk memperingati Hari Penanaman Pohon. (JIBI/SOLOPOS/Farid Syafrodhi)

Karanganyar (Solopos.com)–Ratusan warga Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar, berebut bibit pohon yang dibagikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar di Lapangan Kemuning, Rabu (7/12/2011).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Bibit-bibit pohon tersebut oleh sebagian warga akan ditanam di pekarangan rumah dan tegalan. Salah satu warga Dusun Jlono, Desa Kemuning, Toyong, 51, mengaku selama ini kekurangan bibit pohon untuk ditanam di pekarangan rumahnya.

“Di tegalan juga masih banyak lahan yang kosong. Rencananya sana akan saya tanami bibit pohon mahoni dan jati,” ujar Toyong saat ditemui Espos di Lapangan Desa Kemuning sembari membawa puluhan bibit pohon.

Pembagian bibit pohon itu digelar dalam rangka Hari Menanam Pohon Nasional. Pemkab Karanganyar menerima ribuan bibit pohon aneka jenis dari seorang pengusaha yang tidak mau disebut namanya.  Kepala KPH Surakarta, Iwan Setiawan Wisnutomo mengatakan penanaman pohon tersebut bukan sekadar untuk melestarikan hutan lindung namun juga untuk mencegah terjadinya longsor.

“Menurut peraturan, setidaknya 30 persen dari kawasan hutan lindung itu ditanami. Tapi di Karanganyar ini baru 19 persen, sehingga masih banyak lahan yang harus digarap,” ungkap Iwan. Dengan memberikan bibit pohon itu kepada masyarakat, setidaknya bisa meminimalisasi masyarakat untuk menebangi pohon di hutan lindung.

(fas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya