SOLOPOS.COM - Kawasan wisata Rawa Jombor di Desa Krakitan, Bayat, Klaten. (Dok Solopos)

Solopos.com, KLATEN — Sejumlah agenda festival perayaan Hari Jadi ke-219 Klaten dan menyambut HUT ke-78 Kemerdekaan RI bakal meramaikan kawasan wisata Rawa Jombor di Desa Krakitan, Bayat, Klaten, akhir pekan ini.

Ada festival musik terapung, festival perahu rakit, serta event olahraga bertajuk Jombor Run. Pentas musik terapung yang dirangkai dengan festival perahu rakit serta pesta kembang api digelar pada Jumat (4/8/2023) sore hingga malam.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Pentas musik terapung menghadirkan sejumlah band yakni Pion Band, Babylon Band, 7Second Band, L Band, dan bintang tamu Ngatmombilung. Sementara festival perahu rakit digelar pada Jumat petang.

“Rangkaian pentas musik terapung dimulai dari pukul 16.00 WIB,” kata Kabid Pariwisata Disbudporapar Klaten, Purwanto, saat ditemui wartawan di SMKN 3 Klaten, Kamis (3/8/2023).

Kemeriahan festival di Rawa Jombor Klaten bakal berlanjut pada Sabtu (5/8/2023) pagi dengan agenda Jombor Run 2023. Event lari itu diikuti 1.000 orang yang sebelumnya sudah mendaftar. Peserta Jombor Run berasal dari berbagai daerah dari mulai dari DIY, Jawa Tengah, Jawa Barat, hingga Sumatra Utara.

Peserta bakal mengelilingi Rawa Jombor sejauh 5,7 km. “Antusiasme peserta ini sangat tinggi. Harapan kami event Rawa Jombor ini menjadi embrio dari nanti adanya event berskala nasional yang dirangkai secara berkelanjutan,” kata Purwanto.

Sementara itu, pada akhir pekan yang sama ada juga agenda Klaten Fashion Festival (KFF) 2023 di Monumen Juang 45 Klaten, Sabtu-Minggu (5-6/8/2023). Kegiatan itu bakal diikuti 50 fashion designer Klaten yang mengangkat produk wastra lokal yakni batik dan lurik Klaten.

Klaten Fashion Festival 2023 digelar Forum Designer Kabupaten Klaten (Fadeska) dan Disbudporapar Klaten. Selain fashion show, rangkaian kegiatan itu diisi dengan sejumlah lomba, workshop foto, talkshow, dan hiburan.

Ketua Panitia Klaten Fashion Festival 2023, Melati Soedjarwo, mengatakan Klaten Fashion Festival 2023 merupakan salah satu upaya pelestarian batik dan lurik Klaten agar kedua wastra tersebut kian dicintai kalangan milenial serta mendunia.

Event Klaten Fashion Festival 2023 melibatkan lebih dari 50 fashion designer Klaten untuk memperkenalkan batik dan lurik Klaten mendunia,” kata Melati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya