SOLOPOS.COM - ECENG GONDOK -- Populasi eceng gondok di Rawa Jombor di Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Klaten kian meningkat. (Moh Khodiq Duhri/JIBI/SOLOPOS)

ECENG GONDOK -- Populasi eceng gondok di Rawa Jombor di Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Klaten kian meningkat. (Moh Khodiq Duhri/JIBI/SOLOPOS)

KLATEN–Revitalis Rawa Jombor mendapat perhatian pemerintah. Bahkan pemerintah pusat mengucurkan dana senilai Rp7 miliar untuk melanjutkan proyek revitalisasi Rawa Jombor di Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Klaten pada tahun ini.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Klaten, Harjaka kepada solopos.com, Jumat (6/4/2012), mengatakan dana senilai Rp7 miliar itu bersumber dari Kementerian Pekerjaan Umum (Kemen PU).

Menurutnya, revitalisasi Rawa Jombor menjadi tanggung jawab dari Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS). “Kucuran dana senilai Rp7 miliar itu untuk melanjutkan proyek revitalisasi Rawa Jombor yang sudah dimulai pada tahun lalu,” ujar Harjaka.

Harjaka menjelaskan, proyek revitalisasi Rawa Jombor pada tahun lalu menggunakan pagu anggaran senilai Rp12 miliar. Proyek ini memfokuskan revitalisasi Rawa Jombor di sebelah selatan. Kegiatan revitalisasi itu berupa pengerukan sedimentasi, pembersihan enceng gondok, pembangunan talut di pinggiran rawa, dan penataan warung apung. Namun begitu, upaya revitalisasi dengan pagu anggaran senilai Rp12 miliar itu belum menyentuh separuh dari luas area Rawa Jombor yang mencapai sekitar 198 hektare.

Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Klaten mencatat total anggaran yang dibutuhkan untuk proyek revitalisasi Rawa Jombor mencapai Rp85 miliar. Kebutuhan anggaran itu sudah diusulkan ke Kemen PU sejak 2010 lalu dan akan dicairkan secara bertahap.

Selain berfungsi sebagai sarana irigasi lahan pertanian di tiga kecamatan, keberadaan Rawa Jombor juga menunjang pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata. Keberadaan warung-warung apung di kompleks Rawa Jombor menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya