SOLOPOS.COM - Wali Kota Gibran Rakabuming Raka akan mengajukan tambahan pompa air di Gulon Jebres Solo. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO–Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka akan mengupayakan pompa air baru untuk wilayah Kampung Gulon, Kelurahan/Kecamatan Jebres, Solo yang kerap kebanjiran.

“Nanti kami segera laporkan [Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo/BBWS]. Kemarin kami baru saja rapat dengan BBWSBS untuk mengusulkan beberapa pompa air dan lain-lain,” kata dia di Balai Kota Solo, Kamis (2/3/2023).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Dia mengatakan ada laporan banjir namun kondisinya cepat surut di Kelurahan Kadipiro, Kecamatan Banjarsari dan Kelurahan Jebres, Kecamatan Jebres, Kamis (2/3/2023).

Adapun kondisi cuaca kerap hujan di Kota Solo akhir-akhir ini. Wali Kota Solo mengimbau warga untuk berhati-hati. 

Salah satu warga, Alfian Gigih S., membuat laporan banjir di RW 021 Kelurahan Jebres melalui Unit Aduan Layanan Surakarta (ULAS), Kamis pagi.

Dia mengatakan wilayah RW 021 Kelurahan Jebres telah kali kelima kebanjiran selama tiga bulan terakhir. Banjir sampai ke pemukiman warga.

Warga lainnya, Rudi Cahyono, melaporkan banjir di Kampung Gulon RT 005/RW 021, Kelurahan/Kecamatan Jebres, Solo. Dia mengusulkan pembangunan infrastruktur sungai untuk mengantisipasi banjir.

“Tolong ditindak lanjuti. Kami membutuhkan pembangunan tanggul dan pompa air,” tulisnya.

Camat Banjarsari Beni Supartono Putro mengatakan di wilayah Kadipiro bukan banjir, namun genangan. “Genangan pada saat hujan kemarin. Setelah selesai hujan terus surut,” kata dia dihubungi Solopos.com.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solo mengirim bantuan sembako serta menyiagakan perahu ke Kampung Gulon, Kelurahan/Kecamatan Jebres, Solo, Kamis (2/3/2023).

Kepala Seksi Penyelamatan dan Evakuasi Korban Bencana BPBD Solo Sularso mengatakan wilayah Gulon sempat banjir, namun kini mulai surut.

“Di Gulon tapi sudah mulai surut. Sudah kita bantu sembako. Bantuan disalurkan melalui Kelurahan Jebres,” kata dia.

Menurut dia, ada 20 rumah yang terdampak banjir di Kampung Gulon. Banjir di wilayah tersebut disebabkan limpasan Bengawan Solo.

Sularso mengatakan BPBD Kota Solo tetap memantau wilayah yang terdampak banjir. BPBD Kota Solo menyiagakan perahu untuk evakuasi di lokasi. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya