SOLOPOS.COM - Perahu wisata bersandar di dekat Taman Nyi Ageng Rakit Rawa Jombor, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Klaten, Rabu (8/3/2023). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Polres Klaten mengintensifkan pengamanan terhadap 71 objek wisata dengan sembilan objek wisata di antaranya menjadi prioritas pengamanan. Kesembilan objek wisata itu yakni Umbul Ponggok, Rivermoon, Umbul Pluneng, Umbul Brondong, Objek Mata Air Cokro (OMAC).

Kemudian Rawa Jombor, Taman Wisata Candi Prambanan, serta Girpasang. Kesembilan objek wisata itu menjadi prioritas di antaranya lantaran banyak dikunjungi wisatawan, rawan kemacetan lalu lintas, serta rawan kecelakaan.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Kasi Humas Polres Klaten, Iptu Abdillah, mengatakan pengamanan dilakukan menyeluruh di 71 objek wisata Klaten dengan sembilan objek wisata sebagai sasaran prioritas. Pengamanan dilakukan secara maksimal untuk menekan kerawanan kamtibmas seperti aksi kejahatan, kemacetan, maupun potensi kecelakaan bagi pengunjung.

Ratusan personel ditempatkan di objek wisata hingga melakukan pengamanan secara mobile ke titik-titik rawan. Polres Klaten menyiapkan tim yang ditugaskan khusus di lokasi-lokasi wisata.

“Pengamanan objek wisata di Klaten diintensifkan sampai berakhirnya Operasi Ketupat Candi pada 1 Mei 2023,” kata Iptu Abdillah kepada Solopos.com, Senin (24/4/2023).

Iptu Abdillah mengimbau pengelola dan pengunjung objek wisata tetap memperhatikan aspek keselamatan. Khusus yang membawa anak kecil diimbau agar selalu didampingi, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Karena Klaten ini terkenal dengan wisata air, pastinya saat ini ramai, pengunjung agar selalu hati-hati. Safety jacket wajib dipakai saat naik wahana perahu wisata,” jelas dia.

Sebelumnya, Kapolres Klaten, AKBP Eko Prasetyo, menjelaskan sebelumnya seluruh stakeholder pariwisata sudah menggelar pertemuan dengan Polres Klaten termasuk sudah menyiapkan standard operating procedure (SOP) keamanan bagi para pengunjung.

Selain itu, imbauan melalui banner dan lain-lain juga sudah disebar. Peralatan di objek wisata sudah dicek kelayakan dan standar keselamatannya.

Kapolres menjelaskan beberapa objek wisata menjadi prioritas pengamanan di antaranya di Girpasang dan Rawa Jombor. “Sudah ada pengecekan terkait kelayakan kapal di Rawa Jombor termasuk gondola yang ada di Girpasang semua sudah ready,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya