SOLOPOS.COM - Berbagi batik dalam program kolaborasi jenama Pisalin by Solopos dengan Ruang Solidaritas Jolijolan bertajuk Pisalin Jolijolan Batik Lawas, Sabtu (2/10/2021). (Istimewa/Dokumentasi Jolijolan)

Solopos.com, SOLO — Jenama fesyen Pisalin by Solopos membuktikan komitmennya dalam menjaga wastra Nusantara. Pada perayaan Hari Batik Nasional (HBN), Sabtu (2/10/2021) mereka turut dalam upaya pelestarian dengan bagi-bagi batik bekas layak pakai. Program yang didukung ruang solidaritas Jolijolan ini mengusung tema Pisalin Jolijolan Batik Lawas.

Teknisnya Pisalin mengajak masyarakat Solo mendonasikan batik bekas layak pakai. Setiap satu item batik bakal diapresiasi dengan potongan belanja di Pisalin sebesar 35%.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Semua pakaian yang terkumpul kemudian dibagikan kepada masyarakat membutuhkan lewat Ruang Solidaritas Jolijolan beralamat di Jalan Siwalan No.1, Kerten, Laweyan.

Baca Juga: Kreatif! Mahasiswa ISI Solo Bikin Batik Motif Covid-19, Ini Wujudnya

Manajer Toko Solopos, Nina Andriani, mengatakan program tersebut dimulai sejak pertengahan September. Sampai Jumat (1/10/2021) terkumpul 250 batik donasi yang kemudian diserahkan kepada pengelola Jolijolan bertepatan pada Hari Batik Nasional (HBN), Sabtu (2/10/2021).

Selain untuk merayakan HBN, program tersebut juga dalam rangka mendukung fesyen berkelanjutan. Mereka membantu memperpanjang usia barang yakni baju batik tak terpakai agar bisa dimanfaatkan pemilik baru yang membutuhkan.

Salah satu pengelola Jolijolan, Chrisna Chanis Cara, menyambut baik kerja sama tersebut. Batik yang diserahkan langsung dipajang di Galeri Jolijolan.

Baca Juga: Ingin Postingan Bertema Batik? Coba Cara Ini

“Ya berterima kasih sudah diajak kolaborasi sama Pisalin. Sangat membantu terutama bagi warga berpenghasilan rendah,” kata Chrisna.

Bagi-bagi donasi Pisalin tersebut bersamaan dengan perayaan HBN di Jolijolan bertajuk Akses Batik untuk Semua. Dalam acara tersebut setiap pengunjung dan pengelola wajib berbatik. Merek juga berhak mengambil satu batik di Galeri Jolijolan.

“Tadi selain Pisalin juga ada donasi dari warga umum. Sebagian batik sisa akan dibawa ke warga Rusunawa di Solo dan abdi dalem keraton,” kata Chrisna.

Baca Juga: Wanodya, Seri Terbaru Pisalin Sambut Hari Batik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya