SOLOPOS.COM - Warga menari kuda lumping dengan pakaian reog dalam Turi Culture Festival kali pertama yang dihelat pada Agustus 2022 lalu. (Istimewa)

Solopos.com, SRAGEN — Para warga dari empat rukun tetangga (RT) di Dukuh Turi, Desa Guworejo, Kecamatan Karangmalang, Sragen, menggelar Turki Culture Festival 2023 pada Sabtu-Minggu (26-27/8/2023). Mereka menyiapkan sembilan event budaya dalam kegiatan yang digelar untuk merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan RI tersebut. Turki merupakan akronim dari Turi Kidul.

Ketua Panitia Turki Culture Festival 2023, Tri Nugroho, saat jumpa wartawan di Dukuh Turi, Jumat (25/8/2023), menerangkan sembilan event yang disiapkan itu di antaranya penampilan seni budaya, musik campursari, dan lapak kuliner khusus makanan tempo dulu. Selain itu ada bazaar usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), area permainan anak, gerak jalan sehat dengan 4.000 peserta, reog, kirab obor, dan kirab gunungan hasil bumi.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Kegiatan kali ini merupakan penyelenggaran tahun kedua festival budaya tersebut. “Festival nanti melibatkan 60 UMKM se-Kabupaten Sragen. Sebanyak 50% UMKM di antaranya bergerak di bidang kuliner. Yang beda di tahun ini, kami mendesain ada nuansa tempo dulu. Festival dimulai pada Sabtu pukul 12.00 WIB dan untuk Minggu dibuka mulai pukul 06.00 WIB dengan jalan sehat,” jelas Tri.

Dia menerangkan semua kegiatan ini dibiayai dana patungan warga empat RT, yakni 021, 022, 023, dan 029. Festival itu diharapkan bisa meningkatkan wisata Kampung Turi dengan potensi hasil buminya dan menggeliatkan aktivitas ekonomi sehingga UMKM di sana berkembang. Pada festival tahun pertama, pendapatan para pelaku UMKM diklaim lumayan.

“Kami besok juga mengundang para tokoh politik, termasuk Bupati. Tahun lalu kami mengundang Bupati tetapi diwakilkan ke camat,” jelasnya.

Sesepuh warga Turi, Paiman, menerangkan festival ini murni aspirasi warga setempat dan sekitar agar tidak melupakan sejarah Proklamasi Kemerdekaan RI.

Sekretaris Panitia Festival, Joko Saputro, menyampaikan akan ada kirab 78 obor yang disesuaikan dengan HUT ke-78 RI. Kirab ini akan melibatkan warga dari empat perguruan silat di Turi.

“Kalau tahun lalu bisa menghadirkan 2.500 orang pengunjung. Tahun ini ditargetkan lebih dari 4.000 orang. Dari peserta jalan sehat saja ditargetkan 4.000 orang dengan hadiah utama sepeda gunung, mesin cuci, magic com, dan lainnya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya