SOLOPOS.COM - Aparat gabungan petugas pengamanan LP bersama Polres Sragen melakukan razia napi di tiga blok di LP Kelas IIA Sragen, Jumat (17/3/2023) malam. (Istimewa/LP Sragen)

Solopos.com, SRAGENTim gabungan terdiri atas personel pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas IIA Sragen dan aparat Polres Sragen merazia terhada puluhan warga binaan pemasyarakatan atau narapidana (napi) di tiga blok di LP setempat, Jumat (17/3/2023) malam. Hasilnya, petugas menemukan sejumlah barang mengejutkan sebelum akhirnya disita dan dimusnahkan lebih lanjut.

Kepala LP Kelas IIA Sragen, Tunggul Buono, kepada wartawan, Minggu (19/3/2023), mengungkapkan aktivitas razia itu dilaporkan ke Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) Jawa Tengah dan Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkum HAM Jateng.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Dia menerangkan penggeledahan kamar hunian para napi di LP Kelas IIA Sragen itu dilakukan dengan aparat Polres Sragen mulai pukul 20.00 WIB hingga 22.00 WIB atau selama dua jam.

“Blok yang diperiksa terdiri atas bloks C, blok D, dan blok F. Blok tersebut merupakan blok napi kasus pindana narkoba dan pidana umum. Kegiatan ini sebenarnya dilakukan dalam rangka Hari Bakti Pemasyarakatan ke-59 dengan mengangkat tema Permasyarakatan Bersih-bersih,” jelas Tunggul.

Dia melanjutkan personel yang bertugas dari LP dipimpin Kepala Pengamanan LP (KPLP) Sragen sebanyak 15 orang, sedangkan dari Polres Sragen mencapai 20 personel. Dia mengungkapkan petugas ternyata menemukan sejumlah barang mengejutkan hasil dari razia tersebut.

Tunggul menerangkan temuan itu terdiri atas tiga buah silet, empat batang paku, tiga kaca, dua lem ampelas, sebuah ketapel, tiga buah batu baterai, dua buah flasdisk, dua buah alat cukur jenggot, dua buah alat potong kuku, dan sebuah tang kayu besar.

“Ada sembilan orang yang dites urine juga. Hasilnya, negatif semua,” jelasnya.

Tunggul menerangkan barang sitaan dari napi itu diinventarisasi dan selanjutnya dimusnahkan. Dia bersyukur pelaksanaan razia berjalan dengan menggunakan motor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya