Api Dekati Pabrik Lain, Ini Kronologi Kebakaran PT Pan Brothers Sragen

Warga sekitar tampak berkerumun mengamati asap membumbung tinggi berasal dari pabrik milik PT. Pan Brothers. (Moh. Khodiq Duhri/JIBI - Solopos)
24 Desember 2016 18:08 WIB Adib Muttaqin Asfar Sragen Share :

Api kebakaran PT Pan Brothers Sragen mendekati pabrik yang berlokasi di dekatnya. Berikut kronologi singkatnya.

Solopos.com, SRAGEN -- Kebakaran yang melanda pabrik garmen milik PT Pan Brothers di Dusun Bulu, Desa Puwosuman, Kecamatan Sidoharjo, Sragen, Sabtu (24/12/2016), belum juga padam. Api dikhawatirkan mendekati bangunan pabrik lain di sampingnya, yaitu milik PT Kenaria.

Pantauan wartawan Solopos.com, M Khodiq Duhri, di lokasi kejadian, hingga pukul 16.30 WIB api belum berhasil dipadamkan. Upaya pemadaman terhambat akses jalan yang sempit dan hanya memungkinkan satu mobil pemadam kebakaran (damkar) mencapai lokasi pabrik. Akibatnya, mobil damkar lainnya kesulitan membantu pemadaman.

Kebetulan, pabrik tersebut berdampingan dengan pabrik PT Kenaria dan hanya dipisahkan oleh sebuah tembok. Dikhawatirkan, jika tidak segera padam, api dari pabrik PT Pan Brothers itu bisa mengancam pabrik di sebelahnya.

Seorang pekerja PT Pan Brothers mengungkapkan kebakaran baru dia ketahui pada sekitar pukul 14.00 WIB. Waktu itu, dia mendengar ada ribut-ribut di bagian pengepakan dan muncul asap hitam. Para pekerja mencoba melakukan pemadaman secara manual, namun api justru membesar.

Cepatnya api menjalar diperkirakan karena banyak material kain di pabrik itu. Bahkan, tumpukan-tumpukan pakaian yang sudah dikemas dan siap dikirim untuk pasar ekspor, sudah terbakar. Api kemudian merembet dari bagian pengepakan ke bagian produksi.

Asap hitam pun membumbung tinggi dan bisa terlihat dari radius 5 km dari pabrik. Namun hingga berita diturunkan, belum diketahui seberapa besar dampak kebakaran itu bagi lingkungan sekitarnya.

Sementara itu, Kapolsek Sidoharjo, AKP Agus Taruno, belum memberikan keterangan tentang penyebab kebakaran tersebut, termasuk kemungkinan-kemungkinannya.