INFRASTRUKTUR SUKOHARJO : Jalur Sukoharjo-Wonogiri Via Bulu Ditutup hingga November 2017

Papan pengumuman penutupan ruas jalan karena ada pekerjaan perbaikan Jembatan Bulu, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, dipasang di simpang empat Terminal Krisak, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri. Foto diambil, Rabu (30/8/2017). (Trianto Hery Suryono/JIBI - Solopos)
30 Agustus 2017 17:15 WIB Rohmah Ermawati Sukoharjo Share :

Infrastruktur Sukoharjo, jalur alternatif perbatasan kabupaten ditutup.

Solopos.com, SUKOHARJO -- Jalur alternatif antarkabupaten antara Kabupaten Wonogiri dengan Kabupaten Sukoharjo kembali ditutup untuk kendaraan roda empat hingga November mendatang atau selama tiga bulan. Penutupan dilakukan karena ada pekerjaan pelebaran ruas jembatan Bulu di Jl. Yos Sudarso, Bulu, Sukoharjo.

Berdasarkan pemantauan, Rabu (30/8/2017), penutupan jalan dilakukan sejak Selasa (29/8/2017) siang sekitar pukul 12.05 WIB. Penutupan arus lalu lintas ditandai dengan pemasangan rambu pengumuman bertuliskan "Mohon Maaf Ada Perbaikan Jembatan di Bulu. Jalan Ditutup Total."

Papan pengumuman itu dipasang di berbagai titik strategis yakni di simpang tiga arah Desa Sanggang, Kecamatan Bulu, yang terletak di barat jembatan Pojok, Kecamatan Tawangsari, Sukoharjo.

Papan pengumuman serupa dipasang di simpang tiga dekat Kantor Danramil Bulu dan simpang empat barat Polsek Bulu. Papan pengumuman bertuliskan larangan kendaraan roda empat dan roda dua melintas di jalan raya atau jalan alternatif antarkabupaten itu.

“Pemasangan papan pengumuman larangan melintas kendaraan roda empat dilakukan kemarin [Selasa],” ujar Tarmin, 53, seorang pengendara mobil ditemui di Bulu.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sukoharjo, Suraji, mengonfirmasi penutupan ruas jalan antarkabupaten tersebut. Menurutnya, penutupan jalan alternatif dilakukan karena ada pekerjaan pelebaran Jembatan Bulu. “Penutupan jalan dilakukan hingga November atau selesainya pekerjaan pelebaran ruas jembatan,” kata dia.

Menurutnya, kendaraan bertonase berat dialihkan ke Banmati, Tawangsari terus Sukoharjo Kota. “Khusus di Jembatan Bulu tidak diperbolehkan kendaraan melintas karena ada pekerjaan pelebaran dan pengecoran jembatan. Di sebelah barat dan sebelah timur Jembatan Bulu sudah diberi rambu larangan melintas,” jelasnya.

Sebelumnya, arus lalu lintas antar provinsi di jalur alternatif via Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah ditutup sejak 15 Oktober dan dibuka kembali akhir 2016. Penutupan ruas Jl. Yos Sudarso, Bulu diakibatkan tanah di sayap jembatan yang terletak di sebelah barat Kantor Kecamatan Bulu longsor. Akibatnya sebagian bangunan retak-retak, utamanya tiang penyangga jembatan di sisi timur dan tengah.