CFD SOLO : Car Free Day Juanda Jebres Dipangkas Lagi, Ini Alasannya

Pengendara motor dengan bebas melintas di Jl. Ir. Juanda saat digelar car free day (CFD), Minggu (17/12/2017) pukul 08.11 WIB. (Irawan Sapto Adhi/JIBI - Solopos)
17 Desember 2017 12:35 WIB Irawan Sapto Adhi Solo Share :

Dishub Solo memutuskan memangkas lagi rute CFD Jl. Ir. Juanda, Jebres.

Solopos.com, SOLO -- Dinas Perhubungan (Dishub) Solo berencana memangkas lagi area car free day (CFD) Jl. Ir. Juanda, Jebres.

Dishub pada Mei lalu pernah memperpendek area CFD Jl. Ir. Juanda untuk kali pertama, yakni dari Perempatan Warung Pelem-Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bhakti Solo diubah menjadi hanya dari pertigaan Jonasan sampai TMP Kusuma Bhakti.

Dishub menilai kebijakan tersebut belum membuahkan hasil maksimal. Masih ada banyak kendaraan bermotor yang nekat dan colong-colongan dengan petugas masuk area CFD Jl. Ir. Juanda. (Baca: http://solopos.com/?p=806591">Sering Dilanggar, Area CFD Juanda akan Diperpendek)

“Area CFD Jl. Ir. Juanda akan kami pendekkan lagi. Ya ini menjadi bagian dari rencana program setelah kami mengevaluasi CFD di wilayah Kelurahan Pucangsawit tersebut,”kata Hari saat diwawancarai Solopos.com, Minggu (17/12/2017).

Dishub kali ini berencana memperpendek lagi area CFD Jl. Ir. Juanda ke arah timur sehingga hanya memanfaatkan ruas Kantor Kelurahan Pucangsawit-TMP Kusuma Bhakti. Hari menerangkan alasan Dishub memperpendek lagi area CFD Jl. Ir. Juanda, yakni supaya kawasan tersebut bisa lebih mudah dipantau dan diamankan oleh petugas.

Petugas akan menghalau setiap pengguna kendaraan bermotor masuk kawasan Jl. Ir. Juanda yang menjadi kawasan steril kendaraan setiap Minggu mulai pukul 06.00 WIB-09.00 WIB.

“Kegiatan CFD Jl. Ir. Juanda akan kami perbaiki lagi. Jadi problem yang terjadi selama ini salah satunya ada pada keberadaan SPBU Pucangsawit. Banyak kendaraan bermotor nekat masuk area CFD untuk menuju SPBU. Maka dari itu, akan kami pendekkan lagi area CFD sehingga dimulai setelah SPBU sampai Jurug,” jelas Hari di area CFD Jl. Slamet Riyadi. (Baca: http://solopos.com/?p=848277">Duh, Mobil dan Motor Masih Melintas di Area CFD Jl. Juanda)

Hari belum bisa memastikan kapan Dishub akan mulai menerapkan kegiatan CFD Jl. Ir. Juanda dengan memanfaatkan ruas Kantor Kelurahan Pucangsawit-TMP Kusuma Bhakti. Dishub perlu berkoordinasi lebih lanjut dengan Pemerintah Kelurahan Pucangsawit terkait implementasi rencana tersebut.

Dishub membutuhkan dukungan penuh dari Pemerintah Kelurahan Pucangsawit untuk mengerahkan linmas menjaga area CFD Jl. Ir. Juanda. “Pemangkasan area CFD Jl. Ir. Juanda saya rasa tidak akan terlalu mempengaruhi aktivitas masyarakat atau PKL. Kebanyakan dari mereka selama ini sudah berkegiatan di area Kantor Kelurahan Pucangsawit sampai Jurug. Jadi hanya sedikit PKL yang harus menyesuaikan diri untuk pindah ke arah timur Kantor Kelurahan,” ujar Hari.

Salah satu pengunjung CFD. Jl. Ir. Juanda, Afifah, 19, mendukung rencana Pemkot memperpendek area CFD Jl. Ir. Juanda tak masalah asal diikuti dengan penjagaan ketat kawasan tersebut agar terebas dari kendaraan bermotor. Mahasiswi Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo tersebut kerap datang ke area CFD Jl. Ir. Juanda untuk jalan-jalan dan jajan.

Menurut dia, situasi area CFD Jl. Ir. Juanda selama ini kurang nyaman karena banyak kendaraan bermotor yang masih bisa masuk. Affifah menilai kegiatan CFD tidak akan berhasil jika tidak didukung juga oleh masyarakat untuk mematuhi kebijakan pemerintah.