PDAM Klaten Tanam 1.000 Bibit Pohon

23 Maret 2018 11:15 WIB Taufik Sidik Prakoso Klaten Share :

PDAM Klaten tebar 1.000 bibit pohon.

Solopos.com, KLATEN–Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Merapi Klaten menanam 1.000 bibit pohon ke tiga desa. Penebaran bibit pohon itu dimaksudkan untuk meminimalisasi potensi banjir serta menjaga cadangan air tanah. Penebaran bibit pohon diawali dengan penanaman di kawasan Umbul Geneng, Desa Ngrundul, Kecamatan Kebonarum, Kamis (22/3/2018).

Penanaman tersebut sekaligus untuk memperingati Hari Air. Jenis pohon yang ditebar beragam seperti pohon gayam, sapu tangan, serta durian. (baca juga: http://solopos.com/?p=703102" target="_blank">AIR BERSIH KLATEN : PDAM Klaten Perpanjang Jatuh Tempo Pembayaran, Ini Penyebabnya)

Direktur Utama PDAM Tirta Merapi, Irawan Margono, mengatakan jenis tanaman yang ditebar yakni tanaman keras. Tanaman itu disumbangkan ke Desa Jagalan, Kecamatan Karangnongko, Desa Ngrundul, Kecamatan Kebonarum, serta Desa Jombor, Kecamatan Ceper.

“PDAM juga menyumbangkan dua tandu untuk Komunitas Sungai Poitan, pemberian bantuan biaya pemeliharaan pohon senilai Rp2 juta, dan bantuan operasional sukarelawan Rp1 juta.  Dengan pohon-pohon yang ditanam harapan kami bisa menjaga ketersediaan air. Tujuan penebaran bibit pohon ini juga dimaksudkan menanamkan rasa cinta lingkungan ke generasi penerus,” kata Irawan.