Pemkot Solo Bakal Pasangi Hidran di Gang Kampung

Ilustrasi hidran (Solopos/Dok)
07 April 2018 00:00 WIB Indah Septiyaning Wardhani Solo Share :

Solopos.com, SOLO--Pemerintah Kota (Pemkot) Solo berencana memasang hidran hingga ke gang-gang kampung di Kota Bengawan. Pemasangan hidran sebagai upaya mengantisipasi potensi kebakaran yang sering terjadi kawasan padat penduduk.

Merujuk pemetaan wilayah, 50% kondisi lingkungan permukiman di Kota Solo padat penduduk dan berada di gang sempit. Akibatnya kerap mempersulit penanganan saat terjadi bencana kebakaran.

Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo menilai pemasangan hidran dan kelengkapannya dinilai perlu sebagai langkah cepat dalam penanganan bencana kebakaran di Kota Solo. Selama ini beberapa kasus bencana kebakaran terjadi di lingkungan padat penduduk. Menurut Rudy, penanganan bencana kebakaran harus dilakukan cepat. Jika penanganannya terlambat satu menit saja dikhawatirkan akan meluas serta sulit untuk dikendalikan.

“Saya sudah minta Dinas Pemadam Kebakaran (DPK) untuk mengalokasikan anggaran itu [pemasangan hidran] terutama di lokasi padat penduduk,” kata Rudy sapaan akrabnya ketika berbincang dengan Solopos.com, Jumat (6/4/2018).

Kepala DPK Solo Gatot Sutanto mengatakan kawasan padat penduduk tersebar di Kota Bengawan. Beberapa kawasan itu di antaranya, di wilayah Mojosongo, Baluwarti, Laweyan, Kauman, Semanggi, Jagalan, Gandekan, Sangkrah, Jajar, Bumi, Pajang dan lainnya.

“Hampir semua kelurahan terdapat kawasan padat penduduk. Dan parahnya permukimannya di gang-gang sempit,” kata Gatot.