Siap-Siap! Tiket KA Tambahan Lebaran 2018 Dijual Mulai Pekan Ini

ilustrasi kereta api. (Solopos/Dok)
08 April 2018 23:35 WIB Hijriyah Al Wakhidah Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Calon penumpang yang belum kebagian tiket kereta api (KA) perjalanan mudik Lebaran 2018 masih memiliki kesempatan karena pekan ini PT Kereta Api Indonesia (KAI) mulai membuka penjualan tiket perjalanan KA tambahan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, angkutan Lebaran untuk perjalanan KA dimulai 4 Juni hingga 26 Juni. Sebanyak enam KA tambahan di wilayah kerja Daop VI/Yogyakarta, yang meliputi Argo Dwipangga, Argolawu, Taksaka, Lodaya, Sancaka, dan Mataram Premium, juga dijadwalkan beroperasi selama angkutan Lebaran tersebut.

Sesuai ketentuan, perjalanan kereta tambahan bisa dibeli H-60 sebelum perjalanan. Namun, hingga Minggu (8/4/2018), PT KAI belum membuka jadwal penjualan tiket KA tambahan untuk mudik Lebaran.

“Sampai hari ini belum, tapi kemungkinan pekan ini. Nanti menunggu rilis resmi dari direksi kami pada Jumat [13/4/2018],” kata Manager Humas PT KAI Daop VI/Yogyakarta, Eko Budiyanto, kepada Solopos.com, Minggu.

Jadwal ini sama dengan H-60 dari prediksi PT KAI terkait puncak arus mudik Lebaran pada H-2 Lebaran atau 13 Juni (Lebaran pada 15-16 Juni). Seperti diketahui, dengan operasional KA tambahan tersebut, PT KAI Daop VI/Yogyakarta menyediakan 9.440 kursi kereta tambahan per harinya.

Jumlah tersebut hampir sama dengan jumlah kursi perjalanan kereta api reguler yang mencapai 11.000 kursi per hari. Sementara itu, Deputy Executive Vice President (EVP) Daop VI/Yogyakarta, Ida Hidayati, memprediksi dibukanya sejumlah ruas jalan tol untuk arus mudik tidak mengurangi antusiasme pemudik menggunakan moda transportasi kereta api.

Hal ini dibuktikan dengan penjualan tiket KA reguler untuk perjalanan mudik yang selalu ludes diburu calon penumpang. “Pengalaman tahun-tahun lalu, tiket KA selalu habis terjual selama periode angkutan Lebaran. Tahun ini pun kami prediksikan sama, karena KA reguler pada periode mudik mulai H-7 Lebaran hingga arus balik H+10 Lebaran juga rata-rata sudah habis, sekarang tinggal menunggu penjualan KA tambahan,” papar Ida.

Ida menambahkan selain mempersiapkan operasional KA tambahan, PT KAI juga mulai mempersiapkan channel penjualan tiket untuk mempermudah calon penumpang mendapatkan tiket kereta api. Sementara untuk agenda mudik-balik Lebaran gratis, PT KAI juga mulai mempersiapkan sarana prasarananya.

Program mudik-balik Lebaran gratis adalah program dari Kementerian Perhubungan melalui Dirjen Perkeretaapian. Daop VI/Yogyakarta siap mengoperasikan KA Jaka Tingkir untuk melayani arus balik yang berangkat dari dari Stasiun Purwosari Solo menuju Stasiun Pasar Senen.

“KA Jaka Tingkir berkapasitas 600 tempat duduk, dua kali perjalanan jadinya 1.200 tempat duduk. Informasi mengenai mudik dan balik gratis bisa diperoleh di stasiun pemberangkatan,” jelas Ida.