Festival Hadrah Solo, Wali Kota: Beda Boleh Tapi Jangan Terpecah

Peserta berjalan saat Festival Hadrah 2018dari Jl. Bhayangkara menuju ke Benteng Vastenburg, Solo, Sabtu (14 - 4). Festival yang diikuti 90 grup Hadrah dari dalam dan luar Kota Solo tersebut dalam rangka memperingati Isra\\\' Mi\\\'raj Nabi Muhammad SAW 1439 H. (Solopos / M. Ferri Setiawan)
15 April 2018 04:30 WIB Muhammad Ismail Solo Share :

Solopos.com, SOLO -- Lantunan sholawat nabi diiringi tabuhan hadrah menggema di sepanjang Jl. Slamet Riyadi, Sabtu (14/4/2018) malam. Ratusan peserta Festival Hadrah bersama warga yang menonton tumplek blek di sepanjang Jl. Slamet Riyadi mulai dari pertigaan Sriwedari sampai depan Balai Kota Jl. Jendral Sudirman (Jensud).

Peserta Festival Hadrah saling bersahut-sahutan dalam melantunkan shalawat nabi. Peserta mulai dari ibu rumah tangga, pelajar, dan lansia adu kreativitas dengan aksesoris yang dikenakan mulai dari baju dan mobil hias yang ditumpangi untuk menarik hati tim juri. Peserta juga ada yang memilih berjalan kaki dengan menempuh jarak sekitar 5 km.

Peserta dari grup hadrah Al-Fath Mutihan, Sondakan, menjadi perhatian warga karena mengenakan baju batik Solo Batik Carnival (SBC). Selain itu, ada grup hadrah Jumroh Nababa dari Gandekan, Jebres, dengan membawa keranda mayat. Setibanya di halaman Benteng Vastenburg, ribuan warga bersama peserta bergabung menjadi satu untuk bersalawat bersama.

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengungkapkan Festival Hadrah yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) tahun ini memiliki makna mendalam, yakni menjadikan Kota Solo mencintai negeri dengan empat Pilar Kebangsaan. Festival Hadrah ini sekaligus untuk memperingati Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW.

"Saya mengajak kepada semua umat beragama di Solo untuk menjaga kerukunan umat beragama. Berbeda boleh saja tapi jangan sampai terpecah belah," ujar Rudy sapaan akrab suksesor Joko Widodo tersebut, Sabtu.

Kepala Disbudpar Solo, Hasta Gunawan, menjelaskan peserta Festival Hadrah terdiri dari 51 grup binan kelurahan dan 39 grup hadrah dari umum. Pemenang festival ini akan diumumkan setelah pengajian Isra' Miraj selesai.