Rumah Warga Pengkol Sragen Ambruk Dimakan Rayap

Rumah Suradi, 67, warga Ngablak RT 001, Desa Pengkol, Tanon, Sragen, ambruk karena lapuk, Sabtu (14/4 - 2018) malam. (Istimewa/Agus Jumadi)
15 April 2018 15:46 WIB Tri Rahayu Sragen Share :

Solopos.com, SRAGEN -- Sebagian rumah milik Suradi, 67, warga Dukuh Ngablak RT 001, Desa Pengkol, Tanon, Sragen, roboh diduga lantaran tiang sokogurunya keropos dimakan rayap. Rumah berukuran 7 meter x 8 meter itu ambruk pada Sabtu (14/4/2018) pukul 18.00 WIB.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah itu sedangkan kerugian material diperkirakan mencapai Rp5 juta. Kapolsek Tanon AKP Agus Jumadi mewakili Kapolres Sragen AKBP Arif Budiman saat dihubungi Solopos.com, Minggu (15/4/2018), menjelaskan saat kejadian, Jumini, 56, tetangga Suradi di lingkungan RT 002, Ngablak, Pengkol, bergegas pergi ke masjid untuk menunaikan Salat Magrib.

“Jumini ini baru berjalan sampai di halaman rumah. Ia mendengar suara kretek-kretek dan bruk. Suara itu datang dari dalam rumah. Setelah beberapa detik, rumah bagian belakang milik Suradi pun ambruk,” ujarnya.

Agus menjelaskan robohnya rumah Suradi itu bukan kategori bencana alam tetapi kondisi struktur atau konstruksi rumah sudah dalam kondisi keropos dan lapuk dimakan usia. Dia mengatakan untuk sementara waktu, Suradi menginap di rumah tetangga sampai ada upaya warga dan pemerintah untuk memperbaiki rumahnya.

“Tidak ada korban jiwa dalam musibah itu tetapi kerugian material diperkirakan mencapai Rp5 juta,” ujarnya.