Lomba Kelurahan Solo: Tipes Andalkan Kain Perca

Ilustrasi kerajinan kain perca. (Solopos/Nicolous Irawan)
16 April 2018 01:00 WIB Muhammad Ismail Solo Share :

Solopos.com, SOLO-Kelurahan Tipes, Kecamatan Serengan, Solo mengandalkan kain perca di bidang ekonomi dalam Lomba Kelurahan Tingkat Kota Solo 2018. Tim juri dari Pemerintah Kota (Pemkot) Solo meninjau langsung ke kelurahan tersebut, Kamis (12/4/2018).

Melalui kain perca, Kelurahan Tipes ingin menjadi kelurahan yang dapat memberdayakan masyarakatnya melalui sektor ekonomi kreatif.

“Kami memiliki banyak potensi ekonomi yang bisa diandalkan dalam lomba kelurahan tahun ini. Tahun ini kain perca yang diangkat menjadi produk unggulan di bidang ekonomi,” ujar Lurah Tipes Suharudi saat dihubungi Solopos.com, Kamis.

Suharudi menjelaskan keberadaan pengrajin kain perca dapat ditemukan di RW 013 Kampung Tipes, Kelurahan Tipes. Sebagian besar warga di kampung tersebut mejadi pengrajin kain perca. Hasil kain perca ini diketahui sudah dijual ke luar Kota Solo.

“Warga sekarang bisa hidup mandiri dengan menjadi pegrajin kain perca. Kami memiliki harapan besar ke depan kain perca bisa lebih dikenal sehingga membuat pendapatan pengrajin kain perca di Tipes bisa meningkat,” kata dia.

Kelurahan Tipes, lanjut dia, juga memiliki unggulan lain di bidang ekonomi seperti produksi blangkon dan shuttle cock atau bola bulu tangkis. Ia optimistis dengan banyaknya potensi ekonomi kreatif di daerahnya, Tipes bisa mendapatkan nilai terbaik sehingga Kelurahan Tipes bisa maju di babak selanjutnya.

“Kami juga memiliki tanaman toga dan sayuran yang ditanam warga di halaman rumah masing-masing. Hasil tanaman sayuran juga bisa dijual warga sebagai tambahan pengahasilan,” kata dia.

Ia menambahkan di bidang budaya, pihaknya juga punya unggulan untuk dinilai tim juri yakni di Padepokan Sutogunan, yaitu dalang tanpa kelir. Padepokan ini merupakan kumpulan budayawan di Tipes yang senang bercerita tentang wayang tapi tanpa kelir.